Beranda Anak Mengapa Ada Bercak Putih Pada Wajah Bayi?

Mengapa Ada Bercak Putih Pada Wajah Bayi?

Memiliki buah hati adalah dambaan setiap Bunda yang saat ini sedang menanti datangnya malaikat kecil. Dan bagaimana Bunda yang saat ini sedang menjalani perannya sebagai seorang Ibu baru, pasti sangat menyenangkan.

Namun saat berjalannya waktu Bunda menemukan bercak putih pada wajah bayi atau anak Bunda, sangat menjengkelkan bukan Bunda, apakah bercak putih tersebut ?

Bercak putih tersebut bukan panu nih ternyata sahabat Bunda, panu cenderung timbul di area lembab atau tertutup pakaian. Bercak tersebut lebih karena alergi yang sifatnya bawaan yang menurun.

Disebut Apakah Bercak Putih Tersebut ?

Pitiriasis Alba Рbercak putih yang sering timbul di area wajah, dagu, pipi, dahi dan sekitar mulut merupakan pitiriasis alba, dimana sering ditemui oleh anak-anak pada usia 3-16 tahun. Pitiriasis alba lebih dikenal dengan dermatitis atopik.  Jadi jangan diberikan obat panu ya sahabat Bunda.

Penyebab Pitiriasis Alba

Pitiriasis alba sering digolongkan pada penyakit alergi yang disebabkan oleh kelainan hipopigmentasi, hal ini terjadi akibat perubahan – perubahan pasca inflamasi dan efek penghambatan sinar ultraviolet oleh epidermis. Atau kita kenal karena sinar matahari ya Bunda.

Pencegahan Pitiriasis Alba

Karena resiko terkenanya bercak putih ini pada usia 3-16 tahun, menandakan pada usia tersebut anak sedang aktif beraktifitas di luar rumah ya sahabat Bunda.

Sebaiknya Bunda dapat memberikan sunblock khusus anak saat anak melakukan aktivitas di luar ruangan di siang hari. Atau saat Bunda sedang melakukan perjalanan atau berpergian keluarga.

Bayi juga dapat mengalami hal tersebut, jadi Buna juga dapat memberikan sunblock pada bayi yang khusus bayi ya Bunda.

Pengobatan Pitiriasis Alba

Pada beberapa kasus pemakaian obat dermatitis topikal (salep untuk dermatitis – bukan panu) sering kali tidak memuaskan nih sahabat Bunda. Ada yang menghilang, ada juga yang masih timbul meski telah pemakaian 1-2 botol salep kulit untuk dermatitis topikal.

Tenang Р kelainan hipopigmentasi ini dapat menghilang dengan sendirinya sejalan dengan bertambahnya usia. Bunda tidak perlu khawatir, namun usaha untuk penggunaan salep juga dilakukan ya Bunda.

Penting – hal yang terpenting adalah melakukan pencegahan ya sahabat Bunda, seperti :

  • Menggunakan sunblock saat beraktivitas di luar rumah.
  • Hindari penggunaan pakaian yang kotor yang menimbulkan alergi.
  • Setelah beraktivitas di luar rumah, atau terkena terik matahari sebaiknya jangan langsung diguyur air ya Bunda/ jangan langsung mandi. Namun biarkan kulit beristirahat sejenak dengan udara ruangan.
  • Jika terjadi kulit terbakar akibat matahari seperti dari pantai, sebaiknya jangan disiram air, tapi gunakan aloe vera untuk memberikan kesejukan pada kulit, dan melanjutkan pemakaian untuk mengembalikan ketenangan kulit.

( terkena sinar matahari – berikan aloe vera – mandi – lanjutkan pemakaian aloe vera sampai 7 hari kedepan untuk kulit terbakar)