Beranda Anak Mengapa Bayi Suka Menangis Tanpa Sebab Saat Malam Hari?

Mengapa Bayi Suka Menangis Tanpa Sebab Saat Malam Hari?

Hay Bunda, menjadi orang tua baru adalah hal yang membahagiakan dan juga membingungkan ya Bunda. Termasuk mengenali mengapa bayi menangis.

Tidak selamanya bayi menangis karena lapar dan membutuhkan susu ya Bunda. Terkadang saat menangis dan diberikan susu bayi makin menangis, karena memang bukan itu yang dibutuhkannya.

Lalu mengapa bayi menangis selain Lapar/haus saat malam hari?

Bayi menyesuaikan dengan suhu ruangan

Pastikan suhu ruangan nyaman ya Bunda, tidak terlalu dingin dan panas. Saat Bunda menggunakan AC, pastikan saat malam dan suhu sudah dingin kecilkan pendingin ruangan ya Bunda.

Mengalami mimpi buruk

Bayi juga dapat mengalami mimpi buruk. Mimpi buruk pada bayi dapat terjadi karena adanya trauma atau rasa takut ketika si Kecil dalam keadaan aktif.

Bayi mengalami night terror

Nah untuk yang satu ini juga sering terjadi nih Bunda, berbeda dengan mimpi buruk,, seorang yang mengalami night terror tidak mampu mengingat kembali apa yang telah dia lakukan saat tidur. Night terror dapat terjadi karena ada sistem saraf pusat yang mengatur aktivitas otak tiba-tiba menjadi sangat aktif. Bayi akan menangis histeris ketika night terror menyerang.

Terkena gigitan serangga seperti nyamuk

Seringkali yang tanpa kita sadari nyamuk atau serangga lain seperti semut menggigit bayi karena Bunda dan Ayah sama-sama terlelap. Sehingga bayi kaget dan menangis. Lebih baik gunakan kelambu dan pastikan kamar dan kasur bayi bersih dari serangga dan nyamuk ya Bunda.

Terganggu dengan suara yang mengagetkan

Bayi menginginkan suasana tidur yang nyaman dan tenang, saat terdapat suara yang mengganggunya meski pelan bayi pun akan menangis nih Bunda. Termasuk mendengar suara buka pintu, kipas, bersin, batuk, dan benda jatuh.

Perpindahan posisi tidur

Saat disusui Bunda menggendong bayi sampai terlelap, saat Bunda meyakinkan bayi dalam kondisi nyaman dan pulas, lalu memindahkannya ke kasur. Saat ini lah kenyamanan bayi hilang, dan menginginkan kenyamanan yang ia dapatkan sebelumnya. 

Ingin dipeluk

Bayi selama masa kehamilan selalu dalam dekapan Bunda, termasuk saat ia tidur. Kenyamanan bayi adalah dalam pelukan Bunda, mencium aroma tubuh Bunda dan Mendengar detak jantung Bunda. Oleh sebab itu seringkali bayi menangis saat dibiarkan sendiri dikasur.