Beranda Persalinan Mengapa Harus ASI Saja Selama 6 Bulan ?

Mengapa Harus ASI Saja Selama 6 Bulan ?

ASI eksklusif merupakan proses dimana Bunda memberikan ASI saja kepada bayi selama 6 bulan. Setelah memasuki usia diatas 6 bulan maka bayi mulai dikenalkan makanan padat sebagai pendamping ASI. pemberian ASI dapat Bunda hentikan setelah usia anak memasuki 2 tahun.

Mengapa hanya ASI

Berdasarkan hasil penelitian sistem pencernaan bayi sangat belum sempurna saat ia dilahirkan, proses bayi menyerap makan sangat sulit, sehingga tidak dapat diberikan makanan. Selain sistem pencernaan yang belum dapat menerima makanan, kemampuan primitif dalam menelan makanan pun belum sempurna. 

Sistem pencernaan bayi mulai sempurna dan siap menerima makan adalah saat ia memasuki usia 6 bulan, dan saat mulai dikenalkan makanan bayi akan bertahap mengenal dan menyempurnakan proses mengunyah dan menelan.

Berhubungan sistem pencernaan bayi, ASI merupakan sumber makanan dan minuman sempurna yang dapat diterima oleh sistem pencernaan bayi, lebih dari itu sistem imunitas dalam ASI akan membantu bayi menyempurnakan sistem pencernaannya. 

Berdasarkan penelitian ilmiah terbaru, usus bayi baru lahir belum sempurna (memiliki lubang-lubang halus) sehingga tidak disarankan memberikan makanan selain ASI pada bayi. Jika Bunda belum dapat memberikan ASI maka diperbolehkan memberikan susu formula dan sesuaikan berdasarkan usia bayi. 

Manfaat ASI

Selain alasan medis yang sangat penting diatas, pemberian ASI juga memberikan manfaat yang banyak sebagai tujuan Bunda memberikan ASI pada si kecil. Berikut manfaat ASI untuk anak, diantaranya :

  • Memberikan sistem kekebalan tubuh secara alami dan terbaik

ASI mengandung zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh yang bisa membantunya melawan bakteri dan virus. Jadi, bayi yang diberi ASI berisiko lebih kecil untuk terserang penyakit, seperti diare, asma, alergi, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, konstipasi, sindrom kematian bayi mendadak, dan meningitis.

  • Menjaga stabilitas pertumbuhan berat badan yang ideal

ASI lebih sedikit merangsang produksi insulin ketimbang susu formula sehingga bobot bayi akan lebih tumbuh pada berat badan ideal. Hormon insulin sendiri dapat memicu pembentukan lemak. Maka, ASI tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi. Selain itu, bayi yang diberi ASI juga memiliki kadar leptin lebih tinggi. Leptin adalah hormon yang memiliki peranan dalam menimbulkan rasa kenyang dan dalam metabolisme lemak.

  • Mengoptimalkan pertumbuhan otak yang membuat si kecil cerdas

Menurut para ahli, asam lemak yang terdapat pada ASI memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi. Selain itu, hubungan emosional antara Bunda dan Si Kecil yang terjalin selama proses menyusui akan turut memberi kontribusi positif. Berbagai penelitian juga menunjukkan hasil yang mendukung pernyataan bahwa bayi yang mendapat ASI, memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

  • Mengurangi resiko terjadinya SSID (sindrom kematian mendadak)

ASI eksklusif mampu mengurangi risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak saat Si Kecil tidur. Penelitian menunjukkan bahwa efek ASI dalam mengurangi risiko terjadinya SIDS baru akan terlihat jika ASI diberikan secara eksklusif minimal 2 bulan.

  • Tulang bayi menjadi lebih kuat

Bayi yang diberi susu selama tiga bulan atau lebih, memiliki tulang leher dan tulang belakang lebih kuat dibanding yang diberikan ASI kurang dari tiga bulan atau tidak sama sekali. Karena itu ASI eksklusif berperan penting dalam menunjang pertumbuhan tulang bayi yang kuat.

  • Mendapatkan limpahan kolesterol

Pada orang dewasa, kolesterol merupakan asupan yang tidak baik. Namun, itu tidak berlaku pada bayi. Kolesterol sangat dibutuhkan bayi guna menunjang tumbuh kembangnya dan zat ini banyak ditemukan pada ASI.

  • Meningkatkan hubungan antara Bunda dan si kecil

Saat menyusui, Bunda akan bersentuhan dengan kulit Si Kecil dan saling bertatapan. Hal ini bisa memperkuat hubungan Bunda dengannya. Si kecil juga akan memahami bahwa Bundalah orang yang membuatnya nyaman. Hubungan yang dekat akan membawa hal baik saat usianya dewasa kelak.

Manfaat Menyusui Bagi Bunda

Selain bermanfaat untuk bayi dalam segi kesehatan dan psikologis, menyusui juga bermanfaat untuk Bunda dan keluarga, berikut manfaat untuk Bunda, diantaranya :

  • Tubuh besar saat masa kehamilan akan mudah turun saat fase menyusui
  • Bunda mendapatkan KB alami selama minimal 6 bulan lamanya selama masa ASI eksklusif
  • Mengurangi resiko terjadinya perdarahan pasca melahirkan karena saat menyusui membantu merangsang penutupan kembali pembuluh darah yang terbuka
  • Mengembalikan bentuk rahim kembali semula dengan sempurna
  • Mengurangi resiko terjadinya kanker 
  • Mengurangi stres saat proses menyusui berlangsung
  • Bunda dan keluarga akan lebih hemat uang dibandingkan membeli susu formula

Manfaat yang banyak dan terpenting alasan medis membuat Bunda harus yakin dan semangat untuk berjuang memberikan ASI eksklusif dan menyempurnakannya sampai 2 tahun. Jangan sampai kesempatan emas ini dibuang sia-sia ya Bunda.