Beranda Kehamilan Mengatasi Rasa Gatal Pada Selangkangan Saat Hamil

Mengatasi Rasa Gatal Pada Selangkangan Saat Hamil

Saat memasuki masa kehamilan banyak wanita mengeluhkan masalah kulit, salah satu masalah kulit yang dirasakan Ibu hamil adalah rasa gatal. Rasa gatal dapat timbul di area-area tertentu, salah satunya adalah area selangkangan. 

Penyebab Ibu hamil sering merasakan masalah kulit dikarenakan tingkat kelembaban kulit yang kurang, terjadinya peregangan pada kulit, kurangnya suplai darah ke area kulit. Area yang sering mengalami serangan rasa gatal adalah perut, tangan, kaki, lipatan-lipatan, dan selangkangan. 

Tips mengurangi rasa gatal pada selangkangan

Area selangkangan yang gatal seringkali disebabkan oleh rasa lembab akibat meningkatnya frekuensi Bunda BAK, oleh karenanya penting sekali menjaga area ini agar tetap bersih. Berikut cara agar area selangkangan terhindar dari serangan rasa gatal selama kehamilan, diantaranya :

  • Jaga area selangkangan untuk selalu kering

Area ini adalah area yang sering lembab akibat meningkatnya frekuensi BAK saat hamil, selalu terkena air atau keringat karena area ini adalah area lipatan (kenaikan berat badan). Sebaiknya selalu keringkan area selangkangan selepas membersihkan sisa BAB atau BAK dengan handuk kering, bersih dan lembut (atau tisu). 

  • Tidak perlu menggunakan sabun khusus saat mencuci selangkangan

Seringkali Bunda berfikir rasa gatal di area selangkangan diakibatkan oleh kuman yang membandel, sehingga Bunda menggunakan sabun khusus area kewanitaan. Namun kenyataannya hal ini bukan dikarenakan kuman yang membandel, melainkan rasa lembab yang berlebihan. Cukup gunakan sabun biasa saja dan bilas dengan air saat Bunda membersihkan area selangkangan. Jangan lupa selalu keringkan area ini setelah mencucinya. 

  • Ganti pakaian dalam setiap terasa lembab dan tidak nyaman

Kunci utama dalam kebersihan area selangkangan adalah menjaganya agar tetap kering, selain dengan mengeringkannya selepas membersihkannya, maka Bunda perlu sering mengganti pakaian dalam setiap terasa lembab, basah atau tidak nyaman. Jika Bunda berada didalam rumah dan ingin tidak menggunakan pakaian dalam juga tidak menjadi masalah. 

  • Gunakan pakaian dalam yang nyaman

Pemilihan pakaian dalam saat masa kehamilan sangat penting nih Bunda, gunakanlah pakaian dalam yang longgar, mudah menyerap keringat, tidak gatal, dan tidak ketat. Carilah bahan pakaian dalam yang berbahan dasar katun lembut, agar mudah menyerap keringat dan aliran udara tetap bisa masuk. 

  • Hindari penggunaan pakaian yang panas saat tidur 

Bunda juga dapat melepas pakaian dalam saat tidur, karena saat tidur produksi keringat sedang meningkat. Jika Bunda tidak menggunakan pakaian dalam udara akan lebih mudah masuk dan area selangkangan akan tetap kering. Jika Bunda tidak nyaman maka Bunda dapat menggantikan pakaian dalam dengan celana bokser nih Bunda. 

Jika Bunda merasakan keluhan yang berlebihan, seperti keputihan yang hebat, rasa gatal yang sangat, terasa panas, dan tidak dapat hilang dengan cara-cara diatas sebaiknya Bunda lakukan konsultasi ke dokter untuk membantu meredakan dan menghilangkan keluhan yang Bunda rasakan.