Beranda Fakta dan mitos Mitos atau Fakta – Minum Air Kelapa Bisa Membuat Bayi Putih?

Mitos atau Fakta – Minum Air Kelapa Bisa Membuat Bayi Putih?

Air kelapa sangat baik dikonsumsi untuk semua golongan, mulai dari anak-anak sampai sudah lanjut usia. Manfaat mengkonsumsi air kelapa juga diketahui sangat baik sebagai elektrolit tubuh.

Namun benarkah mengkonsumsi air kelapa saat hamil dapat membuat bayi yang dikandung dapat menjadi putih?

M I T O S –

Ternyata, opini yang berkembang di masyarakat mengenai manfaat mengkonsumsi air kelapa muda saat hamil dapat memutihkan kulit bayi tidak teruji dalam sebuah penelitian nih sahabat Bunda, namun dapat menghasilkan manfaat lain seperti dibawah ini.

Manfaat Air Kelapa Untuk Bunda Dan Janin

  • Sumber elektrolit dan antioksidan

Air kelapa mengandung elektrolit baik yang mudah diserap oleh tubuh. Mengkonsumsi air kelapa dapat menggantikan asupan elektrolit yang terbuang saat Bunda mengalami muntah di pagi atau malam hari.

Kandungan air kelapa juga memiliki antioksidan yang membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh.

Bunda sebaiknya mengkonsumsi air kelapa hijau segar dan tidak melalui air kelapa kemasan ya Bunda.

  • Membantu mengurangi kelelahan

Kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat baik dalam mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga Bunda terhindar dari dehidrasi. Garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa. Karena kandungan garam alami seperti natrium, kalium, dan klorida yang dibutuhkan tubuh terdapat pada air kelapa.

  • Mencegah infeksi saluran kencing

Keluhan yang cukup sering dialami Bunda saat hamil adalah infeksi saluran kencing karena adanya perubahan hormon dan perkembangan rahim yang menekan kandung kemih.

Air kelapa adalah diuretik alami yang akan membuat Bunda lebih mudah untuk mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

  • Melancarkan sirkulasi darah

Air kelapa untuk Bunda yang sedang hamil juga berguna untuk mengurangi pegal dan nyeri yang diakibatkan tidak optimalnya sistem sirkulasi darah.

Jika sistem sirkulasi darah tidak optimal, maka janin beresiko tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Kalium dan magnesium yang terdapat dalam air kelapa berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh dari jantung.

Selain itu, kalim juga berperan dalam membantu proses gerakan otot, penghantaran sinyal saraf, dan membantu kerja ginjal dalam penyaringan darah.

PERLU DIPERHATIKAN

Air kelapa memang sangat baik dan alami jika dikonsumsi pada Bunda yang sedang hamil, namun Bunda juga perlu memperhatikan hal berikut yakni :

  1. Jangan berlebihan. Meski rasanya enak namun Bunda juga harus memiliki takaran agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya yakni 1 buah kelapa segar tiap harinya dan tetap mengkonsumsi air putih.
  2. Air Kelapa asli dari buah kelapa bukan kemasan.
  3. Konsumsi air kelapa segera setelah dipotong, jangan dibiarkan terlalu lama.
  4. Jangan memaksakan diri untuk meminum jika rasa tidak Bunda sukai.

Pastikan setiap mengkonsumsi makanan dan minuman Bunda selalu memilih dari buah dan sumber yang segar, tidak memiliki bahan pengawet dan segeralah mengkonsumsinya agar tidak dibiarkan terlalu lama.