Beranda Kehamilan Mitos atau Fakta, Minum Minyak Agar Persalinan Lancar?

Mitos atau Fakta, Minum Minyak Agar Persalinan Lancar?

Persalinan normal dan lancar adalah dambaan semua Bunda yang sedang mengandung. Banyak anggapan bahwa jika ingin melahirkan normal dan licin maka Bunda diminta untuk meminum minyak kelapa.

Kepercayaan tersebut sangat melekat pada masyarakat sekitar, dan selalu dianjurkan oleh orang terdahulu untuk meminum minyak kelapa sebelum persalinan.

Apakah minum minyak kelapa sebelum persalinan dapat memperlancar persalinan dan licin?

Minyak kelapa sendiri memang pada dasarnya bersifat licin dan memudahkan benda kasar melintas.

Namun dalam dunia kedokteran, tidak ada fungsi sama sekali yang berhubungan dengan membuat licin jalan lahir, sehingga bayi mudah keluar. Maka dengan demikian anggapan tersebut hanyalah mitos saja nih sahabat Bunda.

Manfaat Minyak Kelapa

Mengkonsumsi minyak kelapa untuk memperlancar persalinan adalah mitos yang tidak terbukti di dunia kedokteran. Namun saat Bunda mengkonsumsi minyak kelapa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh nih Bunda.

Berikut manfaat mengkonsumsi minyak kelapa untuk tubuh, diantaranya :

Kebugaran Tubuh

Minyak kelapa murni memang baik untuk kebugaran nih sahabat Bunda. Pasalnya, minyak kelapa ini mengandung asam lemak jenuh berantai sedang sehingga dapat memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh. Selain itu, ada kandungan yang membantu membunuh bakteri berbahaya sehingga membantu kita tidak mudah terserang penyakit.

Kesehatan Jantung

Lagi-lagi karena kandungan asam laurat sehingga minyak kelapa murni dapat membantu merawat kesehatan jantung. Asam laurat mampu membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga membuat jantung sehat. Asam laurat akan mengubah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik

Menyehatkan dan Menyuburkan Rambut

Yang ini untuk bagian luar tubuh nih sahabat Bunda. Buat yang memiliki rambut kering dan kusam atau ujung-ujung rambut yang kering, Bunda bisa mengoleskan sedikit minyak kelapa ke seluruh bagian rambut atau bagian yang keringnya saja. Hal ini bisa digunakan sehari-hari atau mingguan dengan menjadikannya masker rambut. Contohnya dengan mengoleskannya banyak-banyak dan didiamkan selama 1 jam, setelah itu keramas. Kalau rutin melakukannya, dijamin rambut pasti lembut dan tidak kusut.

Buat yang memiliki masalah rambut rontok, cukup oleskan minyak kelapa di bagian kulit kepala tempat akar rambut. Kemudian pijat-pijat lembut agar aliran darah di kepala semakin lancar dan minyak kelapa meresap. Lakukan sesering mungkin sebelum keramas. Semakin rutin melakukannya, hasilnya akan semakin terlihat jelas.

Merawat Kulit

Minyak kelapa juga berfungsi sebagai pelembab, khususnya untuk kulit kering ya sahabat Bunda. Oleskan saja ke seluruh tubuh, terutama di bagian-bagian yang kering dan kasar, seperti siku, tumit, dan bagian leher. Bunda juga bisa menggunakannya sebagai scrub dengan menambahkan gula atau menjadikannya masker wajah dengan menambahkan madu atau gel lidah buaya yang sedang populer.

Perawatan kulit ini sangat aman untuk Bunda yang sedang mengandung, Bunda tidak perlu khawatir akan efek negatif yang bisa saja ditimbulkan pada kosmetik nih Bunda.

Menghapus Kotoran Makeup

Bagi Bunda yang masih melakukan aktivitas harian menggunakan makeup, Bunda dapat menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan makeup yang sahabat Bunda gunakan.

Minyak kelapa tidak membuat kulit wajah Bunda rusak dan kandungan yang terdapat didalamnya aman digunakan untuk ibu hamil sehingga tidak membuat Bunda khawatir akan pemakaian pembersih wajah yang saat ini banyak mengandung alkohol dan bahan pengawet.

Jadi mengkonsumsi minyak kelapa selama hamil tidak ada masalah dan larangan ya sahabat Bunda, namun tidak digunakan untuk melicinkan jalan lahir. Tetapi untuk kesehatan tubuh yang lain. Bunda juga dapat menggunakan minyak kelapa tidak hanya menjelang persalinan tetapi saat kehamilan berlangsung ya sahabat Bunda.