Beranda Fakta dan mitos Mitos – Fakta , Mengkonsumsi Air Es Saat Hamil

Mitos – Fakta , Mengkonsumsi Air Es Saat Hamil

Mitos atau Fakta – mengkonsumsi air es saat hamil akan menyebabkan bayi besar, dan akan sulit dilahirkan.

Pernyataan tersebut sering kita temui di masyarakat ya Bunda, membuat Bunda khawatir mengkonsumsi air es saat udara sedang terik-teriknya dan Bunda membutuhkan air es untuk meringankan udara panas.

Ternyata pernyataan di atas yang beredar di masyarakat adalah mitos dan tidak membuktikan bahwa bayi yang besar disebabkan oleh konsumsi air es saat hamil. Terlebih faktanya bayi besar disebabkan oleh faktor berikut ini :

  • Genetik.

Orang tua yang berbadan besar atau obesitas lebih berpeluang memiliki anak berukuran lebih besar juga.

  • Riwayat persalinan

Bunda yang pernah melahirkan bayi berberat badan besar cenderung lebih berpeluang melahirkan bayi selanjutnya dengan berat badan serupa.

  • Bayi postmatur

Bayi lahir melebihi waktu yang diperkirakan.

  • Jenis kelamin

Bayi berjenis kelamin laki-laki cenderung memiliki berat badan lebih tinggi dibandingkan bayi perempuan.

Manfaat Air Es

Selain air es dapat membantu Bunda menghilangkan dehidrasi karena udara panas, air es juga dapat merangsang gerak janin nih sahabat Bunda. Air es yang Bunda konsumsi akan membuat janin bergerak untuk menghindari rasa dingin dari air es.

Jika pada suatu saat Bunda  merasakan gerakan janin yang tidak seperti biasanya, Bunda dapat merangsang gerakan janin dengan mengkonsumsi air es. Janin akan merasakan dinginnya es dan cenderung untuk menghindarinya.

Resiko mengkonsumsi Es

Mengkonsumsi air es juga memiliki resiko nih sahabat Bunda, bukan menyebabkan bayi besar melainkan resiko air es yang dikonsumsi tidak matang.

Hal ini terjadi jika Bunda mengkonsumsi air es menggunakan es batu yang tidak diketahui apakah bahan dasar dari es batu tersebut menggunakan air matang atau air mentah. Karena jika bahan dasar menggunakan air mentah akan berbahaya pada kesehatan Bunda dan bakteri yang tidak baik akan beresiko pada kesehatan janin.

Jika Bunda sedang keluar dan menginginkan air dingin sebaiknya Bunda membawa air sendiri dari rumah, atau Bunda dapat mengkonsumsi dari air botol yang didinginkan (tidak menggunakan es batu).

Dan pastikan jika Bunda bosan menggunakan air dingin mineral dan ingin memiliki rasa, sebaiknya Bunda mengkonsumsi yang kandungan gula sedikit dan tidak bersoda. Seperti jus buah tanpa gula, es kelapa muda dan susu.

Es batu pada dasarnya tidak membahayakan ya Bunda, yang terpenting bahan dasar dari pembuatan es batu adalah air matang.