Beranda Anak MP – ASI Untuk Usia 9 -12 Bulan

MP – ASI Untuk Usia 9 -12 Bulan

Pemberian MP-ASI yang tepat sesuai usia bayi merupakan pemenuhan gizi untuk tumbuh kembang serta merangsang kesiapan organ pencernaan dalam menerima makanan pendamping ASI.

Pemberian MP-ASI sesuai dengan usia merupakan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan pencernaan bayi. Karena tidak semua makanan bisa dijadikan MP-ASI, karena rasa dan tekstur yang belum dapat diterima oleh organ bayi.  

Pemberian makanan pada bayi 9-12 bulan

Pada tahap pemberian MP-ASI maka bunda akan melalui pemberian MP-ASI pertama kali yaitu pada usia 6-9 bulan. Bunda dapat melihat kembali bagaimana bentuk, frekuensi dan jumlah yang harus dikonsumsi pada usia 6-9 bulan pada Pemenuhan Gizi Pada MP-ASI Usia 6-9 Bulan.

Pada masa pemberian MP-ASI selanjutnya yaitu 9-12 bulan bunda akan memulai dengan tahap pemberian MP-ASI yang lebih padat, seperti nasi tim dan nasi lembek. Dan pada tahap ini pula Bunda juga tetap memberikan ASI.

MP-ASI yang baik usia 9-12 bulan

  • Padat energi, protein dan zat gizi mikro (zat besi, zinc, kalsium, Vit A, Vit C, dan folat )
  • Tidak berbumbu tajam, tidak menggunakan gula, garam,penyedap rasa, pewarna, dan pengawet
  • Bentuk yang mulai lebih padat

Bunda Juga dapat memperhatikan Bentuk, Jumlah dan Frekuensi untuk pemberian MP-ASI pada usia 9-12 Bulan menggunakan tabel berikut :

Umur Bentuk Makanan Frekuensi Jumlah Pada Setiap Kali Makan
9-12 Bulan -ASI

 

– Makanan lembek atau dicincang yang mudah ditelan anak

– makanan selingan yang dapat dipegang anak diberikan diantara waktu makan lengkap

-Teruskan pemberian ASI

 

– Makanan lembek 3-4 kali sehari

 

–  Makanan selingan 1-2 kali sehari (buah , biskuit)

½ sampai dengan ¾ mangkuk berukuran 250 ml

Pastikan Bunda dapat memberikan dan membuat MP-ASI sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang segar dan bersih. Agar bayi Bunda terhindar dari bahaya dari zat pengawet. Jangan memaksa untuk memberikan MP-ASI melebihi kapasitas kemampuan bayi Bunda, karena organ pencernaan bayi Bunda masih membutuhkan proses perkembangan dan penyesuaian.

BACA JUGA : Pemberian Gizi Pada MP-ASI Usia 6-9 Bulan