Beranda Keluarga Obat Alami Batu Ginjal

Obat Alami Batu Ginjal

Batu ginjal adalah gangguan saluran air kemih yang terjadi apabila terdapat kandungan garam/bahan kimia di dalam air kemih yang membentuk kristal. Batu ginjal ini selanjutnya dapat membatasi aliran air kemih dan menyebabkan komplikasi serius termasuk infeksi, kerusakan ginjal atau bahkan, gagal ginjal. 

Batu Ginjal meliputi berbagai jenis bahan kimia, termasuk kalsium, fosfat dan oksalat.Gangguan saluran air kemih ini mempengaruhi lebih banyak kaum pria daripada wanita yang berusia antara 20 hingga 40 tahun.

Bahan Alami Sebagai Obat Pengecil Batu Ginjal

Hingga saat ini, sebenarnya belum ada obat alami batu ginjal yang terbukti dapat menghilangkan batu ginjal. Namun beberapa bahan alami dapat Bunda coba untuk membantu mengurangi ukuran batu ginjal, diantaranya:

  • Perasan lemon

Perasan air lemon mengandung sitrat yang dapat mencegah terbentuknya batu ginjal jenis kalsium. Sitrat juga dapat memecah batu ginjal berukuran kecil, yang memungkinkannya untuk mengalir keluar melalui urine dengan mudah.

  • Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat melarutkan batu ginjal. Selain itu, cuka sari apel juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal.

  • Jus buah delima

Buah delima kaya akan antioksidan, yang dapat mencegah perkembangan batu ginjal dan membantu menjaga ginjal tetap sehat. Buah delima juga dapat menurunkan tingkat keasaman urine sehingga mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Menurut penelitian, obat alami batu ginjal yang satu ini juga dapat membantu mengurangi nyeri akibat batu ginjal dengan membantu melemaskan otot saluran kemih yang menegang.

  • Rumput gandum

Rumput gandum bersifat diuretik, sehingga batu ginjal lebih mudah mengalir bersama urine. Selain itu, obat alami batu ginjal ini juga mengandung nutrisi yang dapat membersihkan ginjal.

  • Jus seledri

Jus seledri dipercaya mampu membasmi racun yang berkontribusi dalam pembentukan batu ginjal. Efek seledri seolah-olah membasuh ginjal sehingga menghalau kemunculan batu ginjal.

Mencukupi cairan (air putih) membantu mengecilkan batu ginjal, dan sebaiknya minum air putih 8 gelas setiap harinya. Memenuhi cairan sebaiknya dilakukan sebelum terjadi batu ginjal ya Bunda. 

BACA : Mengenal Penyakit Batu Ginjal