Beranda Persalinan Obat Flu Alami Untuk Ibu Menyusui 

Obat Flu Alami Untuk Ibu Menyusui 

Mengonsumsi obat-obatan kimia saat menyusui memang membuat Bunda khawatir akan efek dari obat tersebut akan membahayakan si kecil, karena bahan kimia tersebut akan larut dan diminum si kecil melalui ASI. 

Meskipun terdapat obat-obat kimia yang aman dikonsumsi pada Ibu menyusui alangkah lebih baik gunakan obat alami terlebih dahulu sebagai upaya penanganan awal nih Bunda. Berikut beberapa obat alami yang dapat Bunda jadikan rujukan untuk diminum saat flu melanda, diantaranya :

  1. Air Hangat

Minum air hangat ketika flu menyerang adalah salah satu obat alami termudah yang bisa dicoba. Air hangat dapat membuat berbagai gejala tidak enak yang disebabkan oleh flu mereda. Dengan minum air hangat, tenggorokan dan hidung tersumbat dapat menjadi lebih lega. Minumlah air hangat secara rutin selama terserang flu, agar asupan cairan tubuh terpenuhi.

  1. Air Jahe

Kandungan gingerol, minyak atsiri, dan antioksidan alami dalam jahe dapat menjadi obat flu alami bagi ibu menyusui, karena dapat meredakan demam dan gejala flu lainnya. Air jahe dapat memunculkan rasa hangat pada tenggorokan, yang juga dapat mengatasi hidung tersumbat. Selain itu, kandungan asam amino dan mineral pada air jahe juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah.

  1. Teh

Teh hijau dan teh hitam merupakan jenis teh yang baik untuk dikonsumsi ketika ibu menyusui terserang flu. Hal ini karena kedua jenis teh tersebut memiliki kandungan antioksidan theanine, yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Bawang Putih

Merupakan salah satu bumbu masak yang pasti ada di dapur, bawang putih juga ternyata bisa menjadi obat flu alami bagi ibu menyusui. Cara menggunakan bawang putih sebagai obat flu alami adalah dengan memakannya mentah-mentah, sebanyak 1 butir saja per hari.

Namun, perlu diketahui bahwa bawang putih juga dapat memberi efek negatif pada tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, pada beberapa orang, mengonsumsi bawang putih mentah dapat menyebabkan sakit perut dan pusing. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan bawang putih sebagai obat flu alami, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter di aplikasi Halodoc terlebih dahulu.

  1. Madu

Telah lama dikenal sebagai obat dari berbagai macam penyakit, madu juga bisa menjadi salah satu pilihan obat flu alami untuk ibu menyusui. Konsumsilah 1-2 sendok madu setiap pagi, atau campurkan dalam teh hangat. Selain meredakan gejala flu, madu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melancarkan ASI.

  1. Yoghurt

Kandungan probiotik dalam yoghurt bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar ASI. Namun, makanan berperisa asam ini juga ternyata bisa menjadi obat flu alami untuk ibu menyusui, lho.

Selain bahan-bahan alami diatas yang dapat Bunda aplikasikan, Bunda juga perlu melakukan hal berikut agar tubuh cepat segar kembali, diantaranya :

  • Istirahat yang cukup.
  • Minum banyak air.
  • Menghirup uap air hangat atau berendam dalam air hangat, untuk membantu melegakan hidung tersumbat dan membuat tubuh lebih relaks.
  • Minum air hangat yang dicampur dengan madu dan perasan lemon.
  • Pakai humidifier untuk melembabkan udara.
  • Perbanyak makan makanan sehat dan bergizi seimbang, seperti sayur dan buah. Pilihlah buah yang mengandung tinggi vitamin C, agar sistem kekebalan tubuh dapat meningkat.

Jika cara-cara diatas tidak meredakan gejala flu, sebaiknya Bunda konsultasikan ke dokter, dan dokter akan membantu Bunda meresepkan obat yang aman untuk Ibu menyusui, hindari penggunaan obat bebas ya Bunda, dikhawatirkan jenis obat tersebut yang Bunda pilih tidak baik dikonsumsi pada Ibu menyusui.