Beranda Konsepsi Pengaruh Kontrasepsi IUD Terhadap Kanker Serviks

Pengaruh Kontrasepsi IUD Terhadap Kanker Serviks

Ada berbagai jenis kanker, salah satunya adalah kanker serviks yang menjadi momok menakutkan bagi kaum hawa. Di Dalam masyarakat, berkembang berbagai jenis informasi yang menakutkan tentang kanker ini. Salah satunya penggunaan kontrasepsi IUD meningkatkan resiko terkenanya kanker serviks? Benarkah demikian?. Untuk lebih lengkapnya, yuk kita simak artikel berikut ini. 

Kontrasepsi IUD Turunkan Risiko Kanker Serviks?

Benar tidak sih, IUD bisa meningkatkan resiko kanker serviks?. Jawabanya tidak, IUD malah bisa menurunkan resiko banyak kanker ginekologi, termasuk kanker endometrium dan ovarium. Sedangkan untuk resiko kanker serviks sendiri, IUD bisa mengurangi resikonya sebanyak 30 persen loh bunda. 

Kenapa sih IUD bisa menurunkan resiko kanker serviks?. Dalam penjelasan pertama, karena prosedur memasukan atau menghapus pemasangan IUD yang dapat menghancurkan lesi, terkait HPV sebelum berkembang menjadi kanker. Yang kedua, pemasangan IUD dapat membantu meningkatkan kekebalan untuk melawan perkembangan HPV.

Dengan banyaknya manfaat IUD bagi perempuan, tapi tidak meluluh IUD bisa cocok untuk bunda, baiknya bunda bicarakan terlebih dahulu dengan dokter, alat kontrasepsi apa yang tepat untuk bunda kenakan. 

Cara Lain untuk Cegah Kanker Serviks

Selain menggunakan IUD, ada beberapa cara lainnya yang bisa bunda gunakan untuk mencegah terjadinya kanker serviks. Yaitu melakukan skrining secara rutin, dengan pap smear yang bisa mendeteksi HPV dan lesi prakanker. Sehingga bisa mendapatkan pengobatan dini sebelum menjadi kanker. Sekitar 50 persen perempuan yang tidak pernah menjalani tes pap smear didiagnosa menderita kanker serviks. Jangan khawatir bunda bisa mengendalikan resiko kanker serviks dengan cara:

  • Melakukan Tes Pap Smear Secara Teratur
  • Berhenti Merokok

Melakukan Hubungan Seksual dengan Aman