Beranda Kehamilan Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Asam folat adalah kebutuhan penting pada masa proses perencanaan kehamilan, kehamilan dan menyusui. Banyak manfaat asam folat terutama untuk ibu hamil, misalnya saja asam folat yang rutin dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang pada bayi sahabat Bunda.

Selain itu, asam folat adalah jenis vitamin B yang dapat membantu tubuh memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru, dan juga membantu mencegah perubahan DNA yang dapat menyebabkan kanker.

Kebutuhan Asam Folat Harian

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat setiap harinya, ada ketentuannya sendiri. Berikut ini adalah ketentuan asupan asam folat per harinya :

  • Untuk wanita yang ingin hamil, konsumsi asam folat dianjurkan sebanyak 400 mg per hari
  • Sejak 3 bulan pertama kehamilan, dianjurkan untuk mengkonsumsi 400 mcg asam folat.
  • Mulai bulan ke 4 hingga 9, dianjurkan agar asupan asam folat per harinya sebanyak 600 mcg
  • Sedangkan untuk masa menyusui, dianjurkan untuk mengkonsumsi asupan asam folat sebanyak 500 mcg.

Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Bagi Bunda yang sedang hamil atau yang akan/ingin hamil, sangat penting untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B9, yang juga disebut dengan folat.

Asam folat biasanya ditemukan dalam makanan seperti kacang kering, kacang polong, jeruk, produk gandum, asparagus, hati, bit, brokoli, kubis brussels, ikan, telur, susu tinggi asam folat  dan bayam.

Peranan Asam Folat sangat penting selama proses kehamilan dan perkembangan janin, diantaranya :

  • Mencegah terjadinya keguguran

Asam folat terbukti dapat mencegah terjadinya keguguran pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi asam folat, akan terhindar dari resiko penyebab keguguran selama masa kandungan.

Selain itu asam folat juga menurunkan resiko terjadinya pre-eklampsia nih sabat Bunda atau sering dikenal dengan keracunan kehamilan.

  • Mencegah terjadinya kerusakan otak

Salah satu manfaat penting dari asam folat adalah asam folat adalah membantu dalam mendukung perkembangan otak pada janin. Dengan asupan asam folat yang cukup dalam sehari nya, maka perkembangan otak pada janin menjadi lebih baik dan dapat menghindari kemungkinan terjadinya kasus kecacatan pada saat kelahiran.

  • Meningkatkan produksi sel darah merah

Asam folat merupakan salah satu jenis zat yang dapat membantu dalam meningkatkan produksi asam folat pada tubuh. Dengan naiknya pembentukan sel darah merah, maka ibu hamil akan terhindar dari kondisi :anemia, keletihan, mudah terserang sakit, rasa lelah dan lemah pada tubuh.

  • Mencegah penyakit jantung

Asam folat juga merupakan salah satu zat yang dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Kondisi ibu hamil merupakan salah satu kondisi mudah mengalami serangan jantung apabila tidak memperoleh asupan asam folat yang cukup.

  • Berperan dalam perkembangan janin

Ketika berada di dalam kandungan, janin akan mengalami perkembangan dari pertama terbentuk hingga akhirnya lahir ke dunia. Kandungan asam folat sendiri dapat membantu perkembangan bayi di dalam kandungan. Karena itu untuk menjaga kesehatan dan perkembangan janin dengan baik, diperlukan asam folat yang cukup setiap harinya.

  • Memproduksi eritrosit

Produksi eritrosit yang tinggi dapat membuat perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang baik dan tidak mengalami gangguan dan kelainan pada sumsum dan tulang. Hal ini sangat baik bagi perkembangan janin, agar tidak mengalami kelainan.

Dengan mengetahui pentingnya manfaat asam folat untuk ibu hamil, perbanyaklah mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan asam folat ya sahabat Bunda. Bunda dapat memperbanyak konsumsi asam folat sejak perencanaan kehamilan, selain itu  untuk menghindari cacat lahir, lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui perkembangan bayi.

BACA JUGA : Menu Ibu Hamil Yang Tinggi Asam Folat