Beranda Keluarga Pentingnya Dukungan Keluarga Untuk Pengidap Kanker Anak

Pentingnya Dukungan Keluarga Untuk Pengidap Kanker Anak

Saat penyakit menyerang seseorang, tidak peduli jenis kelamin dan kelompok usia. Penyakit kanker yang diderita anak, menyumbang angka kematian tinggi pada usia anak. Satu pertiga dari jumlah kasus kanker pada anak adalah leukimia dan kanker darah. Dimana penyakit ini paling sering dijumpai dari banyak masalah kesehatan yang tergolong ganas untuk anak-anak.

Karena kondisi yang masih kecil, anggota keluarga perlu mendukung emosional anak dengan baik. Lalu bagaimana caranya? Berikut ulasanya!

Pentingnya Dukungan Keluarga

Ketika ayah dan bunda mendengar kalau Si kecil mengidap penyakit apalagi kanker, mungkin itu berita yang menyayat hati. Layaknya orang dewasa, Si kecil juga perlu mendapatkan dukungan emosional. Akan tetapi bunda dan ayah juga perlu dukungan secara psikologis agar tetap kuat dan bisa memberikan motivasi dan semangat untuk sang buah hati. 

Semua anggota keluarga perlu mendapatkan dukungan, agar kuat mendampingi anak dalam mendapatkan pengobatan. Lalu bagaimana caranya? Karena Si kecil akan menjadikan bunda dan ayah sebagai sumber informasi yang akurat. Jadi saat bunda dan ayah memberikan informasi, pastikan nada suara, ekspresi ayah dan bunda tetap tenang, karena Si kecil bisa belajar banyak dari itu. 

Perawatan kanker yang dilalui Si kecil, kemungkinan akan membawa banyak perubahan pada kehidupan dan pandangannya. Bunda dapat membantu Si kecil dengan membiarkannya menjalani kehidupan senormal mungkin. Bicaralah dengan dokter apa yang bunda harapkan saat anak menjalani perawatan sehingga anak dan tiap anggota keluarga dapat bersiap.

Karena banyak perubahan yang akan anak alami, seperti penampilan fisik dan respon orang-orang terhadap perubahan fisiknya. Anggota keluarga bisa membantu anak untuk tidak berkecil hati dan tetap percaya diri dalam menghadapi pengobatan dan dampaknya.

Walaupun Si kecil memiliki kanker, ia tetap memiliki harapan untuk sembuh. Tanpa dipungkiri anak akan merasa cemas, sedih, stes, takut, dan terkadang akan menyendiri. Bunda bisa ajak Si kecil untuk membicarakan apa yang ia rasakan dan bunda bisa bantu anak untuk temukan jawabanya.

Walaupun kanker bukan kondisi yang mudah, tetapi ayah dan bunda butuh kesabaran ekstra untuk merawatnya. Pentingnya keluarga untuk anak pengidap kanker tidak boleh bunda lupakan, jadi sediakan waktu untuk me time.