Beranda Persalinan Pentingnya menyusui selama 2 tahun kepada bayi

Pentingnya menyusui selama 2 tahun kepada bayi

Sahabat bunda, kali ini kita akan membahas tentang menyusui atau yang dalam bahasa inggris bernama breastfeeding. Kenapa menyusui itu menjadi penting, apalagi akhir2 ini kita lihat keinginan sahabat bunda menyusui itu tinggi. Menyusui yang dimaksud disini adalah bayi menetek langsung ke payudara bunda, bukan asi yang diperah-perah lalu dibantu alat lain, itu sudah berbeda manfaatnya pada bayi. Lalu mengapa menyusui itu penting?

 

  1. Agama menyuruh kita untuk memberi asi

 

Kalau kita lihat di negara kita ini yang dasarnya adalah pancasila, dimana sila pertama berbunyi ketuhanan yang maha esa dan semua agama di indonesia menganjurkan untuk menyusui/menteki bayi. Ambil contoh agama islam ada lima ayat yang membahas tentang meneteki/menyusui, misal dalam surat Al-Baqarah ayat 233 Allah memerintahkan bunda untuk meneteki secara langsung anak-anaknya selama dua tahun penuh bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Lalu disambung dengan kewajiban ayah untuk memenuhi nafkah berupa makanan dan pakaian bagi anak dan ibu tersebut,  artinya di dalam islam menyusui anak itu sangat penting sehingga wanita muslimah tidak dibebani mencari nafkah, hukumnya hanya mubah saja. Jangan sampai bekerjanya menjadi wajib dan meneteki/menyusuinya menjadi mubah.

 

  1. Undang undang no 36 tahun 2009

 

Ternyata di negara kita sudah ada peraturannya bahwasanya harus menyusui, walau hanya eksklusif 6 bulan.

 

  1. Hasil riset

 

ASI adalah susu paling aman, karena susu formula itu berbahaya bagi bayi. Mengapa demikian? Silahkan lihat penjelasan dibawah.

 

  1. WHO (World Health Organization) / Organisasi Kesehatan Dunia : ibu yang tidak menyusui akan meningkatkan resiko terkana penyakit berat

 

Bila bunda tidak menyusui selama 2 tahun, maka resiko pada bunda adalah diabetes, kanker payudara, penyakit pikun, penyakit jantung, dan juga meningkatkan resiko osteoporosis. Orang suka berfikir bahwa bila bunda menyusui tulang bunda akan keropos, tapi itu ternyata salah. Orang menyusui resiko pada osteoporis akan berkurang karena metabolisme kalsiumnya berjalan dengan baik, jadi sahabat bunda harus tau bahwa akan banyak resiko pada bunda bila tidak menyusui selama dua tahun.

 

  1. Melindungi bayi dari resiko infeksi

 

Bayi yang baru lahir tetapi hanya diberi susu formula dan tidak menetek sama sekali atau di mix antar asi dan susu formula maka bayi akan beresiko Infeksi. Tuhan sudah memberi zat anti infeksi pada tubuh bunda, maka ASI adalah obat. Obat anti infeksi, anti alergi bahkan obat anti kanker juga ada pada ASI bunda. Jadi bayi yg diberi asi akan berkurang resiko kanker seperti kanker darah (leukimia) dan kanker kelenjar. Di dalam ASI bunda terdapat zat bernama laktoferin, zat ini berguna untuk mengikat zat besi. Sehingga jika nanti seorang bayi di susui bunda, zat besi didalam tubuh bayi akan diikat oleh laktoferin. Kuman sifatnya selalu berduplikasi dalam hitungan detik dan kuman butuh zat besi. Jadi bila ada kuman masuk ke tubuh bayi maka kuman akan mati, karena zat besinya sudah di ikat oleh laktoferin. Kemudian ada makrofag di dalam ASI yang akan memakan kuman-kuman di dalam tubuh bayi. Sementara di dalam susu formula dari susu sapi itu tidak ada manfaat seperti pada ASI bunda. Zat besi yang datang di susu formula ada banyak sekali, jadi kuman akan berkembang biak dengan cepat, sehingga bayi yg diberi susu formula akan sering terkena radang, seperti radang otak, radang paru, radang saluran cernah, dan radang-radang lain dari ujung kepala sampai kaki.