Beranda Persalinan Perbedaan Kandungan ASI Siang Hari dan Malam Hari

Perbedaan Kandungan ASI Siang Hari dan Malam Hari

ASI adalah makanan dan minuman alami yang secara kualitas tidak ada susu lain yang menandingi ASI. mengapa demikian karena ASI menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan bayi.

Komposisi ASI akan berubah saat siang-malam hari, bayi sehat-bayi sakit, bayi kondisi normal-bayi kondisi growth spurt. Setiap kondisi akan berubah menyesuaikan kondisi dan kebutuhan bayi. Lalu apa perbedaan komposisi ASI antara siang dan malam?

Perbedaan Komponen ASI Siang-Malam 

Penciptaan yang luar biasa nih Bunda, ASI pada siang hari berbeda dengan ASI malam, dimana perbedaan kondisi ini membantu si kecil mengenal siang dan malam. 

Komponen ASI Siang Hari 

  • ASI siang hari mengandung zat nutrisi yang bersemangat dan terjaga, dimana zat tersebut berfungsi sebagai energi memulai harinya di siang hari. 
  • Kadar kortisol atau hormon yang meningkatkan kewaspadaan, tiga kali lebih tinggi pada pagi hari dibandingkan pada malam hari.
  • ASI pada siang hari memiliki lebih banyak asam amino penambah aktivitas, dibandingkan ASI malam hari.
  • Kandungan zat besi pada ASI memuncak pada siang hari.
  • Kandungan mineral seperti magnesium, seng, kalium dan natrium semuanya tertinggi di pagi hari.

Komponen ASI Malam Hari

  • ASI malam hari lebih banyak kandungan yang menenangkan dan membuat si kecil ingin tertidur dan beristirahat.
  • Kandungan kelatonin, yang mempromosikan tidur dan pencernaan tinggi pada malam hari, dan hampir tidak dimiliki pada ASI di siang hari. 
  • ASI malam juga mengandung kadar blok pembangun DNA tertentu yang membantu meningkatkan tidur yang sehat. 
  • Kandungan vitamin E memuncak pada malam hari sebagai suplai pertumbuhan dan perkembangan. 

Dari kedua komponen ASI tersebut para peneliti menyimpulkan bahwa “chrononutrition” ini dapat membantu program biologis sirkadian bayi, sebagai pencatat waktu internal yang memungkinkan bayi untuk membedakan siang dan malam.

Kondisi tersebut juga membantu menstabilkan jam sirkadian bayi, dimana bayi akan beraktivitas pada siang hari dan tidur pada malam hari. 

Memasuki awal kehidupan bayi belum mengetahui siang dan malam, dalam proses pertumbuhannya jam sirkadiannya akan mengikuti ritme alamiah kembali, yakni siang untuk beraktivitas dan malam untuk beristirahat. 

Lalu bagaimana dengan ASI perah?

Dulu, ASI hanya dapat dikonsumsi langsung dari payudara. Sekarang, dengan munculnya pompa payudara dan proses penyimpanan di lemari es, itu tidak lagi menjadi masalah. Menurut survei 2005-2007, lebih dari 85 persen ibu menyusui di Amerika Serikat (AS) memompa ASI mereka.

Apa yang terjadi ketika bayi minum susu malam di pagi hari, atau susu pagi di sore hari? Para ahli mengungkap mereka tidak tahu secara pasti.

Memberikan bayi botol yang berisi ASI pagi saat malam hari, dengan kortisolnya yang tinggi dan melatonin yang rendah, mungkin membuat bayi akan lebih segar di malam hari dan mengantuk di pagi hari.

Jika kronosignal dalam ASI benar-benar membantu mengkalibrasi biologis sirkadian bayi, maka bayi yang minum ASI yang tertukar ini mungkin lebih banyak mengalami kesulitan tidur, pencernaan, dan perkembangan.

Sebenarnya, untuk mengatasinya cukup mudah, Bunda dapat memberi label ASI mereka dengan waktu mereka memompa dan mengoordinasikan pemberian ASI sesuai dengan dengan jam memompa mereka. Misalnya ASI pagi, untuk pagi hari, ASI siang untuk siang hari begitu pun saat malam.