Beranda Anak Periode Tumbuhnya Gigi Si Kecil

Periode Tumbuhnya Gigi Si Kecil

Tumbuhnya gigi pada anak adalah tanda tumbuh kembang anak nih Bunda. Dimana tumbuhnya gigi pada anak memiliki waktu yang berbeda-beda setiap anak.

Kapan gigi bayi akan muncul pertama kalinya?

Gigi bayi akan muncul pada umumnya pada usia empat bulan hingga tujuh bulan. Namun masing-masing anak akan memiliki periode waktu yang berbeda-beda.

Pertumbuhan gigi fitandai dengan munculnya dua gigi seri bagian depan, baik pada gusi atas atau pun gusi bawah. Lalu gigi yang lain akan mengikuti. Sebelum gigi si Kecil mulai tumbuh, ia akan menunjukkan beberapa gejala yang harus ditangani dengan tepat. Berikut adalah lima tahap dan gejala pertumbuhan gigi si Kecil.

Tahap Pertama (Usia 0 – 6 bulan)

Gigi yang tumbuh diawal pertumbuhannya disebut sebagai gigi susu, karena pada periode ini si Kecil menjadikan susu sebagai konsumsi utamanya. Gigi pertama si Kecil bisa tumbuh pertama kalinya pada usia empat bulan. Namun waktu gigi tumbuh untuk pertama kalinya sangat beragam.

Jika belum menunjukkan gigi pertamanya hingga ia sudah menginjak usia 6 bulan, Bunda tidak perlu khawatir. Semua pertumbuhan gigi akan diawali oleh gejala khusus. Sebelum gigi pertamanya tumbuh, biasanya si Kecil akan mengalami demam dalam temperatur rata-rata 38,3 derajat celcius, sering menangis dan suka menggigit sesuatu yang keras. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang dialami si Kecil, letakkan salah satu jari Bunda pada gusi si Kecil dan pijat perlahan gusinya.

Selain itu, karet teething ring juga bisa membantu si Kecil merasa lebih nyaman. Bunda tidak perlu memberikan obat pengurang rasa sakit kepada si Kecil. Jika si Kecil mengalami demam tinggi di atas 38,3 derajat celcius, hubungi dokter karena dikhawatirkan kondisi ini bukan disebabkan oleh pertumbuhan giginya.

Tahap Kedua (Usia 6 – 10 bulan)

Pada periode ini, bayi telah memiliki gigi pertamanya. Gigi susu yang pertama kali muncul ada di bagian seri depan di atas dan bawah. Sebelum giginya muncul ke permukaan, permukaan gusi si Kecil tempat gigi akan tumbuh biasanya menjadi bergelombang. Ini merupakan perpanjangan dari periode sebelumnya, di mana si Kecil membutuhkan suatu objek yang nyaman untuk ia gigit.

Di periode ini juga, si Kecil akan mengeluarkan lebih banyak air liur dibandingkan sebelumnya. Untuk itu, pakaikan alas dada yang terbuat dari handuk, agar Bunda bisa selalu mengeringkan dagu dan pipi si Kecil yang terkena liur, ini mencegah terjadi iritasi pada kulit si Kecil.

Tahap Ketiga (Usia 12-16 bulan)

Apabila pertumbuhan gigi Si Kecil berjalan baik, maka pada usia 16 bulan, jumlah giginya menjadi 12 buah nih sahabat Bunda. Kedelapan gigi seri yang telah tumbuh akan dilengkapi dengan kehadiran gigi geraham pertamanya yang berjumlah 4 buah, yang tumbuh di bagian atas dan bawah.

Sama halnya ketika gigi seri tumbuh, Si Kecil akan merasakan nyeri sehingga mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Intensitas air liur Si Kecil juga bertambah.

Tahap Keempat (Usia 16-24 bulan)

Di rentang usia ini, gigi taring yang berfungsi untuk mengoyak makanan mulai muncul. Jumlah gigi yang tadinya 12 buah bertambah menjadi 16 buah. Gigi geraham Si Kecil pun sudah tumbuh semua yang terdiri dari gigi geraham kecil yang letaknya di belakang gigi taring. Geraham kecil ini berfungsi untuk menghancurkan makanan.  Selain itu, ada gigi geraham besar yang permukaannya lebih luas. Fungsinya adalah untuk menghaluskan atau melumatkan makanan.

Tahap Kelima (Usia 2-4 tahun)

Di usia ini, biasanya gigi susu yang berjumlah 20 sudah tumbuh lengkap (10 buah di rahang atas dan 10 buah di rahang bawah). Gigi susu perlu perawatan serupa dengan gigi orang dewasa, karena dengan gigi susu yang baik maka Si Kecil akan mengunyah dan berbicara dengan baik pula. Selain itu merupakan ‘penentu’ tumbuhnya gigi permanen.

Perawatan Gigi Susu

Membersihakan gigi susu sangat penting nih Bunda, karena kebersihan dan kesehatan gigi pada si Kecil akan mempengaruhi gigi permenennya.

Tahap awal saat gigi seri baru tumbuh, sikatlah gigi dengan sikat yang lembut dan tanpa menggunakan pasta gigi. Namun jika sudah tumbuh sempurna Bunda dapat membersihkannya dengan sikat yang lembut disertai dengan pasta gigi anak, pada pagi hari dan sebelum anak tidur / sesudah makan.