Beranda Persalinan Persiapan menyusui sejak masa kehamilan

Persiapan menyusui sejak masa kehamilan

Tubuh bunda pada masa kehamilan sebetulnya sudah melakukan persiapan secara alami untuk menyusui. Suplai darah pada masa kehamilan bunda akan lebih tinggi seiring dengan perkembangnya saluran air susu,  meski begitu masih ada sahabat bunda yang kesulitan untuk mengeluarkan asi.  Nah, langkah apa saja yang harus dipersiapankan untuk mendukung proses menyusui, berikut ini tips dari kami

  1. Perbanyak informasi mengenai laktasi

 

Ibu hamil yang sedang mempersiapkan untuk menyusui, disarankan mencari informasi laktasi (proses produksi serta pengeluaran ASI dari payudara) yang bisa didapat dari buku, internet, tanya pada orang terdekat atau bertanya pada dokter. Namun sebelum menerapkan informasi yang didapatkan selain dokter, sebaiknya mengkonsultasikan dahulu kepada dokter.

 

  1. Jaga kebersihan puting

 

Banyak orang yang mengatakan bahwa puting susu akan lebih kuat jika dibersihkan dengan handuk atau spons kasar. Namun cara tersebut sebetulnya salah, bunda harus selalu menjaga kelembutan puting untuk nanti dihisap oleh sang bayi nanti. Jangan oleskan alkohol, lition, atau parfum pada puting. Gunakan salep anti bakteri untuk mengatasi puting pecah-pecah. Dan disarankan untuk selalu memegang payudara dengan tangan yang bersih.

 

  1. Lakukan teknik relaksasi

 

Saat menyusui, bunda disarankan untuk memiliki kondisi yang relaks guna menenangkan bayi bunda yang lapar dan menuntunnya untuk mendapatkan ASI. Nah, mulailah belajar untuk merelaksasi diri sejak masa kehamilan. Contohnya bunda bisa mengatur pernafasan dengan posisi duduk ataupun berbaring, yang penting bunda berada dalm posisi santai. Pejamkan mata dan carilah posisi terbaik untuk otot bunda, kemudian tarik nafas dari hidung secara perlahan. Lakukan 10-12 menit tiap harinya untuk membuat tubuh merasa nyaman.

 

  1. Miliki perlengkapan menyusui sesuai kebutuhan

 

Meski tidak wajib, namun memiliki perlengkapan menyusui dapat mempermudah proses ini. Bunda bisa membeli bra khusus menyusui, pakaian berkancing depan untuk menyusui, bantal menyusui untuk membuat bayimu tetap nyaman dan juga mencegah bunda dari rasa sakit pada leher dan bahu

 

  1. Minta dukungan suami

 

Menyusui bukan sekedar hubungan antara bunda dan bayi, suami juga berperan penting dalam proses menyusui. Ibu yang menyusui diberi dukungan oleh suami, terbukti dapat membuat proses menyusui jadi lebih lama.

Mempersiapkan diri untuk menghadapi masa menyusui sejak dini penting dilakukan oleh sahabat bunda. Karena mempersiapkan nya sejak awal akan membantu kelancaran ASI yang nanti akan menjadi asupan terbaik satu-satunya untuk sang bayi.