Beranda Kehamilan Proses Perkembangan Janin Pada Tiap Trimester Kehamilan

Proses Perkembangan Janin Pada Tiap Trimester Kehamilan

Perkembangan Janin pada kehamilan dibagi menjadi 3 trimester sahabat Bunda, dimana masing-masing trimester sahabat bunda akan mengalami perubahan fisik dan prilaku yang berbeda-beda.

Setelah pembuahan (fertilisasi) terjadi maka proses pertumbuhan dan perkembangan janin dimulai. Proses pertumbuhan dan perkembangan janin yang dimulai dari fertilisasi sampai embrio dapat sahabat Bunda simak kembali melalui artikel sebelumnya di Proses Infertilisasi.

Perkembangan Janin Pada Kehamilan Trimester Pertama
Berikut proses perkembangan dan pertumbuhan janin pada 3 bulan pertma :
Bulan Pertama (1-4 Minggu)
Tahap perkembangan janin pada bulan pertama dihitung sejak hari pertama haid terakhir, jadi pada saat sebelum subur dan saat subur sudah dihitung sebagai awal kehamilan. Karena perhitungan yang dimulai sejak haid terakhir perkiraan lahir janin pun bisa saja mundur 2 minggu atau maju 2 minggu, atau bisa dibilang 9-10 bulan masa kandungan janin, hal tersebut sangatlah normal.

Setelah terjadinya pembuahan (fertilisasi) di ampulla tuba, berkembang menjadi Zigot sampai tertanam di dinding ovarium (rahim) dan berkembang menjadi embrio sebelum menjadi janin. Pada tahap embrio, kantung ketuban telah terbentuk untuk melindungi embrio dengan cara membungkusnya dengan ketat. Selain katung ketuban placenta (ari-ari) juga mulai terbentuk pada bulan pertama, berfungsi sebagai tempat penyaluran makanan atau nutrisi dari tubuh ibu hamil ke janin.

Bentuk janin pada bulan pertama seperti embrio dimana mulai terbentuk lingkaran hitam diwajah yang nantinya akan berkembang menjadi mata. Selain itu mulai terbentuk bagian rahang dan mulut, sedangkan organ bagian dalam yang terbentuk adalah tenggorokan. Pada tahap ini ukuran embrio 6-7 mm dan sirkulasi darah sudah dimulai, ditandai dengan terbentuknya sel darah.

Bulan Kedua (5-8 Minggu)
Perkembangan janin pada bulan kedua sudah mulai terbentuk sistem saraf pusat yang meliputi sumsum tulang belakang, otak, dan jaringan saraf lain. Jantung mulai terbentuk bersamaan dengan sistem peredaran darah. Ukuran embrio saat ini +- 2,54 cm, berat 9,45 gram.

Bentuk fisik yang mulai terlihat adalah lipatan pada ruas kepala kanan kiri yang nantinya akan berkembang menjadi telinga. Wajah pada janin sudah mulai terbentuk berlahan. Bersamaan dengan itu mulai tumbuh tunas atas dan bawah yang akan berkembang menjadi tangan dan kaki serta jemari.

Bulan Ketiga (9-13 Minggu)
Perkembangan pada bulan ketiga embrio sudah tidak terlihat kembali dikarenakan bentuk embrio kini sudah berkembang menjadi janin. Dimana tubuh janin sudah terbentuk lebih lengkap, yaitu sudah memiliki lengan, tangan, kaki, telinga, serta mulai membentuk gigi. Jari-jari tangan dan kukunya juga sudah mulai terbentuk. Bahkan, di ukuran tubuh +- dengan panjang 7,6-10 cm dan berat 28 g ini, janin sudah dapat membuka mulut dan mengepalkan tangan.

Pada organ bagian dalam sudah mulai berkembang seperti hati yang sudah mulai memproduksi empedu, sistem urine dan darah sudah mulai beroperasi. Pada tahap ini pun organ reproduksi (jenis kelamin) sudah mulai berkembang, namun belum dapat terlihat melalui USG.

Perkembangan Janin Pada Kehamilan Trimester Kedua
Bulan Keempat (14-17 Minggu)
Perkembangan pada bulan keempat janin semakin sempurna, bagian tubuh seperti tangan, jari-jari,kaki,wajah sudah dapat terlihat dengan jelas. Pemeriksaan USG dapat dilakukan pada trimester kedua dimulai sejak bulan keempat untuk mengetahui bentuk janin dengan jelas. Detak jantung janin sudah mulai terdengar menggunakan alat ukur DJJ (detak jantung janin).

Beberapa Bunda sudah mulai dapat merasakan sedikit pergerakan janin. Sedangkan janin didalam sudah mulai bergerak seperti menguap, mengisap jari-jemari, dan merubah ekspresi wajah.

Bentuk fisik yang mulai berkembang adalah jenis kelamin janin, bagi laki-laki sudah memiliki prostat sedangkan perempuan sudah memiliki ovarium. Pola rambut sudah mulai terlihat dan perkiraan janin -+ 85 mm dengan berat kira-kira 40 g.

Bulan Kelima (18-21 Minggu)
Perkembangan janin pada bulan kelima merupakan perkembangan dari otot janin yang semakin kuat sehingga gerakan janin terasa semakin kencang, pergerakan janin merupakan upaya latihan otot janin. Rambut halus sudah mulai memenuhi kepala bayi begitupun tangan dan kakinya.

Pada masa ini kulit janin mulai terselimuti rambut halus atau kulit putih berlemak (Vernix Caseosa) untuk melindungi janin dari air ketuban dan berfungsi menghangatkan bayi setelah dilahirkan. Kulit putih halus ini akan menghilang 2 minggu setelah bayi lahir. Panjang janin di akhir bulan ini adalah 160 mm.

Bulan Keenam (22-26 Minggu)
Perkembangan janin pada bulan keenam berupa keriput pada kulit bayi mulai terbentuk, pembuluh darah masih terliht jelas karena kulit sangat tipis. Pada masa ini janin sudah dapat membuka dan menutup kelopak matanya, dan sudah dapat mendengar suara-suara dari luar perut, saat ini lah sahabat Bunda mulai rajin mendengarkan dan berbicara yang baik dan menyejukan seperti musik klasik yang dapat merangsang kecerdasaan janin sejak dalam kandungan. Pada bulan ini, panjang janin sekitar 190 mm dengan berat 460 g.

Perkembangan Janin Pada Kehamilan Trimester Tiga
Bulan Ketujuh (27-30 Minggu)
Perkembangan janin pada bulan ketujuh sudah dapat menanggapi cahaya, merasakan sakit, merespon suara yang terdengar dari luar perut dan mengubah posisi tubuh. Pendengarannya mulai berkembang dan tubuhnya mulai menyimpan lemak, pertumbuhannya semakin cepat dan tubuhnya semakin besar. Di bulan ketujuh panjang janin mencapai -+ 36 cm dengan berat 900-1.800 g.

Bulan Kedelapan (31-35 Minggu)
Perkembangan pada bulan kedelapan janin mulai memiliki cadangan lemak yang banyak sehingga kulit sudah tidak keriput. Sistem organ dalam tubuh mulai berfungsi dengan baik, namun bagian yang belum berfungsi dengan sempurna adalah paru-paru. Bagian otak semakin sempurna pendengaran dan penglihatan semakin tajam, pada masa ini janin akan semakin sering bergerak, dan gerakan janin makin sering dirasakan oleh Bunda. Pada saat ini ukuran janin adalah -+ 46 cm, berat 2,27 kg.

Bulan Kesembilan (36-40 Minggu)
Perkembangan janin pada bulan kesembilan berupa perkembangan paru-paru semakin baik dan sudah dapat berfungsi. Tubuhnya akan memutar dengan posisi kepala berada di bawah menghadap jalan lahir. Janin semakin peka terhadap sentuhan dan cahaya. Seluruh organ dalam dan luar janin sudah berfungsi dengan baik. Pada bulan ini ukuran janin -+ 46-51 cm dengan berat kira-kira 3,2 kg.

 37-40 minggu
Pada minggu ke 37-40 merupakan masa janin sudah siap untuk lahir. Janin akan lahir dengan alamiah. Posisi janin sudah mulai memutar dengan arah kepala janin berada dibagian jalan lahir. Dengan kontraksi dan mengikuti jalan lahir janin akan keluar dengan normal dan alamiah. Pada masa ini saatnya Bunda mempersiapan mental, pakaian dan kebutuhan persalinan yang sudah direncanakan secak awal trimester ketiga.