Beranda Keluarga Puasa Dan Tetap Aktif, Ini Cara Mencegah Dehidrasi

Puasa Dan Tetap Aktif, Ini Cara Mencegah Dehidrasi

Apa bunda dan anggota keluarga termasuk yang memiliki aktivitas yang padat selama berpuasa? Jika iya, bunda dan anggota keluarga bisa kekurangan cairan ke dalam tubuh sehingga menimbulkan dehidrasi. Tapi bunda tak perlu khawatir, karena berikut ini ada beberapa cara yang efektif untuk cegah dehidrasi agar semua aktivitas yang dilakukan tidak terganggu!.

Cara Mencegah Dehidrasi saat Puasa

Tubuh manusia terdiri dari 70 persen cairan, yang artinya jika tubuh kekurangan cairan akan terjadi gangguan. Maka dari itu, penting untuk menjaga asupan cairan pada tubuh agar dehidrasi dapat dihindari. Seseorang yang mengalami dehidrasi akan merasakan pusing, sakit kepala, dan tubuh yang lebih mudah untuk lelah.

Penting untuk mengatur kebutuhan cairan pada tubuh saat berpuasa. Jangan sampai bunda dan anggota keluarga mengalami dehidrasi parang yang bisa dilihat dari produksi air kencing yang menurun dan warnanya gelap. Jika hal tersebut terjadi, dehidrasi sudah terjadi sangat parah. Penting untuk bunda ketahui beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa. Berikut beberapa caranya:

  • Konsumsi Air Sesuai Kebutuhan Tubuh

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 8 gelas air mineral per harinya, atau setara dengan 2,5 liter. Untuk memenuhi cairan tubuh, bunda dan anggota keluarga bisa menggunakan aturan 2-4-2, dimana 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur. 

Apakah bunda tahu, jika mengkonsumsi air hangat lebih muda diserap oleh tubuh dibandingkan dengan air dingin. Maka dari itu, disarankan untuk mengkonsumsi sup saat berbuka sebagai sumber cairan terbaik. Sebagai pelengkap, bunda bisa menyantap buah dan sayuran juga, agar cairan tubuh terjaga. Dengan begitu, dehidrasi dapat dihindari dari menyebabkan gangguan.

  • Hindari Konsumsi Rempah-Rempah dan Garam

Cara lain untuk menghindari dehidrasi saat puasa yang dapat bunda dan anggota keluarga dilakukan adalah dengan menghindari atau mengurangi konsumsi rempah-rempah dan garam saat sahur dan berbuka. Kedua bumbu makanan tersebut dapat membuat kebutuhan tubuh terhadap air meningkat. Maka dari itu, seseorang yang banyak mengonsumsi garam dan rempah-rempah lebih mudah untuk haus.

  • Hindari Minuman Berkafein

Jika bunda atau pasangan memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh, maka bunda dan pasangan lebih mudah untuk buang air kecil. Karena minuman berkafein memiliki efek diuretik, yang dapat meningkatkan produksi urin dan membuang garam serta air di dalam tubuh. Hal ini dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi, karena banyak air yang keluar dari tubuh. Dengan begitu, lebih baik agar mengonsumsi air putih dibandingkan kopi atau teh.

Itulah beberapa cara untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat berpuasa agar semua aktivitas yang dilakukan tidak terganggu. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, diharapkan ibadah yang dilakukan tidak terganggu, begitu pula dengan aktivitas sehari-hari.