Beranda Anak Ramuan Herbal Penambah Nafsu Makan Anak

Ramuan Herbal Penambah Nafsu Makan Anak

Ramuan Herbal Penambah Nafsu Makan Anak-Halamanbunda.com

Melihat dan menemani tumbuh kembang anak memang sangat menyenangkan dan juga mencemaskan. Terlebih terdapat keterlambatan terhadap pertumbuhan tinggi badan dan berat badan karena anak tidak nafsu makan. 

Faktor terpenting dalam tumbuh kembang adalah pemenuhan gizi seimbang untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Salah satu pemenuhan gizi melalui makanan. Lalu bagaimana jika anak tidak nafsu makan?

Bunda dapat mencoba beberapa tips untuk meningkatkan nafsu makan pada artikel halamanbunda.com sebelumnya yang berjudul tips meningkatkan nafsu makan anak. Atau Bunda dapat mencoba memberikan ramuan herbal yang dipercaya dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak. 

Berikut ramuan herbal yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan

Beberapa ramuan herbal yang dapat Bunda buat sendiri dirumah, untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak, diantaranya :

  1. Ramuan Kunyit

Seorang dokter yakni, dr. Prapti Utami MSi menganjurkan untuk memberikan ramuan kunyit pada anak yang mengalami kesulitan makan. Kandungan kurkuminoid di dalamnya dapat menjadi menambah nafsu makan anak. Selain itu, senyawa curcumin mampu mengosongkan lambung dengan cepat sehingga anak akan merasa lebih lapar. Ramuan herbal ini juga dapat meningkatkan enzim pencernaan, menghindarkan anak dari radang serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara membuat ramuan ini adalah dengan merebus kunyit yang telah digeprek ke dalam rebusan air mendidih. Kemudian tutup panci rebusan dan biarkan selama 10 menit dengan api kecil. Setelah itu, saring air rebusan dan tambahkan madu setelah mendingin untuk memperkaya rasa. Berikan ramuan ini pada anak secara rutin.

  1. Air Jeruk Atau Lemon 

Jeruk dan lemon merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Kandungan tersebut ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sekaligus mengembalikan nafsu makannya. Selain itu, mengonsumsi ramuan dari lemon atau jeruk juga baik guna membunuh kuman dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Cara memanfaatkannya juga cukup mudah. Kalian hanya perlu memerah satu buah lemon. Kemudian tambahkan ke dalam satu gelas air hangat. Konsumsi ramuan tersebut satu hingga dua kali dalam sehari. Maka, nafsu makan anak dapat kembali normal.

  1. Daun Pepaya

Pepaya adalah buah yang digemari sebagian orang. Buah tropis ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Rupanya, daun buah pepaya dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan pada anak, lho. Enzim papain di dalamnya berkhasiat untuk menimbulkan rasa ingin makan. Sistem pencernaan yang terganggu juga dapat lancar dengan mengonsumsi ramuan yang terbuat dari daun pepaya.

Ramuan ini terbuat dari daun pepaya yang kemudian ditumbuk. Tambahkan sedikit air untuk memudahkan proses pengolahan. Peras daun pepaya tersebut dan saring airnya. Agar tidak terlalu pahit, kalian dapat menambahkan madu.

  1. Air Jahe 

Jahe mengandung kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, vitamin dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya senyawa yang dikandung, bahan dapur satu ini memiliki banyak manfaat seperti mampu meredakan rasa kembung. Jahe juga berguna untuk meningkatkan nafsu makan dengan meredakan racun yang menyerang pencernaan.

Tumbuh kasar jahe terlebih dahulu sebelum merebusnya dengan dua gelas air. Biarkan air rebusan mendidih hingga tersisa hanya satu gelas. Kemudian tiriskan air tersebut dan tambahkan perasan lemon serta madu. Berikan pada anak sehari sekali pada pagi hari dengan dosis setengah gelas saja.

  1. Ramuan Lempuyang 

Ramuan alami selanjutnya adalah yang terbuat dari tumbuhan lempuyang. Tumbuhan ini telah banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menambah nafsu makan si kecil. Ramuan ini cocok untuk anak umur 1-3 tahun atau balita.

Pembuatannya dengan menyiapkan satu ruas jari lempuyang. Kemudian haluskan dan tambahkan air secukupnya. Setelah di aduk-aduk rata, peras campuran tersebut menggunakan kain bersih. Kemudian tambahkan air asam yang sudah diberi gula merah dan garam secukupnya. Konsumsi secara rutin dengan ukuran gelas kecil atau 50 ml.

  1. Temulawak 

Temulawak memiliki zat kurkulim yang disebut juga dengan curcuma yang dapat membantu mengembalikan nafsu makan anak. Bahan alami ini pun telah banyak digunakan untuk mengatasi masalah tersebut sejak dulu.

Untuk membuatnya, kalian memerlukan bahan-bahan berupa 25 gram temulawak, 10 gram asam jawa dan gula merah secukupnya. Kemudian cuci bersih temulawak dan tumbuh kasar. Masukkan bahan-bahan yang telah disiapkan ke dalam panci bersama air sebanyak 600 ml. Rebus hingga hanya tersisa setengahnya. Saring air rebusan tersebut sebelum dikonsumsi.

  1. Beras Kencur 

Beras kencur adalah resep tradisional yang memang dikenal untuk menambah nafsu makan anak. Ramuan ini sebenarnya bisa ditemukan di toko-toko atau penjual jamu keliling. Tapi, cara membuatnya mudah, kok. Kalian bisa mencobanya sendiri di rumah.

Siapkan bahan-bahan seperti beras, kencur, jahe dan asam jawa. Kemudian rebus bahan-bahan tersebut kecuali beras hingga mendidih. Kemudian, pisahkan ampas dengan air rebusan tersebut. Masukkan sedikit beras yang sebelumnya sudah direndam dan dihaluskan. Aduk rata dan tunggu hingga pati beras kencur mengendap di bawah. Berikan cairan yang bersih pada anak secara teratur.