Beranda Keluarga Silaturahmi Dengan Keluarga Tingkatkan Rasa Bahagia

Silaturahmi Dengan Keluarga Tingkatkan Rasa Bahagia

Setelah lebaran tahun kemarin tidak dapat berkumpul dengan keluarga, pemerintah Indonesia resmi mengumumkan pulang kampung atau “mudik 2021” diperbolehkan. Kegiatan ini menjadi hal yang paling ditunggu, dimana berkumpul dengan sanak saudara bisa memberikan kekuatan dalam hidup.

Dengan menjalankan silaturahmi dengan keluarga, bisa meningkatkan rasa bahagia loh. Tapi kenapa seperti itu?, berikut ini penjelasanya.

Silaturahmi Tingkatkan Rasa Bahagia

Tentunya momen lebaran menjadi salah satu momen yang digunakan untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga. Tidak hanya keluarga dekat, umumnya keluarga yang jauh pun dapat berkumpul pada momen lebaran. Melakukan silaturahmi dengan keluarga meningkatkan rasa kebahagiaan yang dirasakan.

Momen lebaran merupakan momen yang paling ditunggu ya, karena hal ini menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama anggota keluarga lainya yang tinggal jauh. Apakah bunda tahu, jika melakukan silaturahmi dapat meningkatkan rasa bahagia?.

Dengan berkumpul bersama keluarga dan saling berkomunikasi dapat menurunkan rasa stres. Jadi tidak ada salahnya untuk saling berbagi cerita untuk meningkatkan suasana hati dan meringankan beban pikiran yang dirasakan. Kenapa bisa? Karena saat berkumpul bersama dengan keluarga yang membuat kontak langsung dengan orang lain ini, memicu bagian sistem saraf dalam tubuh melepaskan neurotransmitter yang memiliki tugas untuk mengatur kecemasan dan rasa stres yang kerap dialami. Dengan kata lain, melakukan kontak langsung dengan orang lain dapat membuat tubuh lebih tahan terhadap beberapa faktor pemicu kondisi stres.

Akan tetapi, berkumpul dengan keluarga bukan hanya di momen lebaran saja, melainkan bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan waktu yang dimiliki. Saat kumpul bersama, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan bersama, seperti berjalan santai, pergi ketempat yang telah disepakati, bermain game board, atau makan bersama. 

Manfaat Lain dari Berkumpul dengan Keluarga

Bukan hanya meningkatkan rasa bahagia bagi kesehatan, tapi ada manfaat lainya dengan berkumpul bersama keluarga, seperti:

  • Panjang Umur

Bagi seseorang yang suka berkumpul atau bersosialisasi dengan orang lain memiliki umur yang lebih panjang, kenapa demikian? Hal ini disebabkan bersosialisasi mempengaruhi keseluruhan kesehatan tubuh.

  • Memiliki Kesehatan Tubuh yang Lebih Optimal

Bukan hanya menurunkan tingkat stres, tetapi bersosialisasi dapat membuat sistem imun tubuh meningkat secara optimal. Dengan kata lain kesehatan tubuh akan menjadi lebih baik.

  • Mengurangi Resiko Demensia

Dengan aktif dalam kehidupan sosial, lebih kecil terkena resiko demensia. Dibandingkan dengan seseorang yang terisolasi.