Beranda Kehamilan Solusi Sulit Makan Untuk Ibu Hamil

Solusi Sulit Makan Untuk Ibu Hamil

Malas makan atau hilangnya selera makan membuat Ayah khawatir akan kesehatan Bunda yang sedang hamil.

Tahukah sahabat Bunda hilangnya selera makan disebabkan oleh perubahan hormon dan kerja lambung. Hormon awal kehamilan membuat Bunda sulit menerima makanan dan kerja lambung yang lebih cepat membuat asam lambung sering keluar dan membuat tenggorokan Bunda asam.

Kapan Nafsu Makan Kembali Pulih?

Memasuki usia kehamilan 3 bulan dan 4 bulan nafsu makan Bunda akan semakin bertambah dibandingkan kehamilan awal nih sahabat Bunda. Karena pertumbuhan janin yang semakin cepat membuat makanan yang Bunda makan lebih cepat diserap oleh lambung dan tubuh.

Namun nafsu makan akan stabil (tidak berlebih) setelah memasuki kehamilan trimester 3 yakni 7-9 bulan. Hal ini dikarenakan janin yang semakin membesar dan ruang penyimpanan makanan Bunda semakin tertekan oleh janin.

Solusi Meningkatkan Nafsu Makan

Banyak hal yang bisa Bunda lakukan untuk membantu meningkatkan nafsu makan Bunda saat sulit makan, tak terlepas dengan dukungan Ayah untuk membantu Bunda mendapatkan kenyamanan dalam mencari solusi menambah / meningkatkan nafsu makan Bunda.

Berikut beberapa solusi yang dapat Bunda dan Ayah lakukan:

  • Memulai Makan Dengan Air Yang Hangat / Dingin

Tahukah Bunda bahwa minuman biasa (tidak dingin dan tidak hangat) bisa membuat rasa tidak nyaman di lambung saat asam lambung naik, dan bahkan dapat membuat Bunda mual dan muntah.

Memulai dengan memilih minuman air hangat membuat angin di lambung terangkat dan lambung siap menerima makanan yang Bunda makan. Saat di siang hari dan kondisi panas membuat Bunda tidak berselera makan, maka Bunda dapat memilih minuman dingin untuk menyeling makanan yang Bunda konsumsi.

  • Makan Makanan Ringan dan Menyegarkan

Jika dalam memulai makanan berat seperti nasi Bunda sulit untuk menelan, Bunda bisa memilih alternatif makanan ringan yang dijadikan pengganti seperti salad buah, roti bakar, kentang goreng, dan beberapa makanan yang mengandung sumber  karbohidrat dan komponen gizi utama yang seimbang.

  • Pilih Makanan Yang Saat Ini Bunda Inginkan

Solusi yang sangat efektif yakni memilih dan memakan makanan yang Bunda sukai atau yang sangat ingin Bunda makan saat ini. Tidak ada pantangan dalam memilih makanan saat hamil, yang terpenting tidak mengandung bahan pengawet dan fresh.

Makan dengan pilihan makanan yang Bunda gemari atau yang diinginkan saat ini sangat disarankan. Dan pilihan tersebut membuat porsi makan Bunda bertambah. Peran Ayah dalam membantu mencarikan makanan pilihan Bunda adalah cara terbaik untuk membantu Bunda meringankan keluhannya selama kehamilan.

  • Jangan Abaikan Mengidam

Mengidam adalah kondisi normal saat Bunda hamil. Upayakan saat Bunda mengidam Ayah dapat membantu mencarikan yang diinginkan sang Bunda dan bayi ya Ayah. jangan membiarkan atau mengabaikan mengidam nih Ayah, karena jika tidak dipenuhi rasa ingin tersebut sulit hilang, dan mengganggu psikologis Bunda. Terkadang membuat Bunda kehilangan selera makannya.

  • Mencari Suasana Baru Untuk Makan

Kali ini bukan makanan yang dipilih melainkan suasana tempat makan yang baru yang dapat Bunda pilih. Makan di tempat yang baru dan menyenangkan membuat rasa gelisah, mual dan muntah Bunda menghilang loh.

Ayah bisa membantu Bunda dengan mengajak makan di tempat baru yang menyenangkan dan menu makanan yang disajikan menyehatkan untuk perkembangan janin dan kebutuhan gizi Bunda.

  • Mencari Makanan Yang Bersuhu Hangat dan Segar (Fresh)

Solusi lain yang bisa Bunda lakukan adalah mengubah suhu makanan. Makanan panas atau hangat dapat membuat rasa mual menghilang. Sama halnya dengan minuman yang dapat menghilangkan angin dalam tubuh dan lambung siap menerima makanan. Cara ini cukup efektif untuk meringankan Bunda makan, meski tidak nafsu makan atau bukan makanan yang Bunda inginkan.

  • Menambahkan VItamin Alami

Selain dengan makanan Bunda juga membutuhkan tambahan vitamin alami dari luar makanan. Seperti madu khusus untuk ibu hamil yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda dan kebutuhan gizi untuk perkembangan janin.

Bunda dan Ayah dapat memilih madu khusus yang alami, tidak mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan.  Selain madu murni, Bunda juga dapat memilih extrak sari kurma yang menjadi madu kurma sebagai vitamin alami. Karena kurma sangat banyak memiliki zat gizi yang melimpah dan kandungan mineral di dalamnya.

BACA JUGA :