Beranda Kehamilan Suka Mangga Muda Saat Hamil Muda, Bahaya Tidak?

Suka Mangga Muda Saat Hamil Muda, Bahaya Tidak?

Kehamilan awal adalah kehamilan yang sangat membutuhkan perhatian. Perhatian dari Bunda dan Ayah sebagai calon orang tua bagi janin yang di kandungan.

Banyak hal yang akan terjadi di masa trimester awal, salah satunya sifat lidah yang cenderung asam atau kecut. Sehingga Bunda sulit mendapatkan kenyamanan untuk menikmati rasa makanan. Makanan yang biasa Bunda rasa sudah asin, kini terasa masih hambar.

Efek Perubahan Sistem Pencernaan

Berubahnya sistem pencernaan terutama lambung dalam menyerap makanan membuat Bunda merasa sering mual dan masam di area mulut. Hal ini karena asam lambung yang diproduksi oleh lambung bekerja lebih cepat dan sering dibandingkan sebelum hamil.

Oleh sebab itu pula Bunda sering merasa lapar, dan jika tidak teratur makan akan merasakan mual ya Bunda.

Perubahan rasa di lidah juga dipengaruhi oleh rasa asam lambung yang naik. Dan perubahan hormon yang terjadi pada kehamilan Bunda. Bunda akan merasa senang memakan makan yang kuat, seperti kecut, asin, dan rasa makanan yang kuat / tidak hambar.

Manfaat Buah Mangga Muda

Buah mangga muda memiliki rasa asam yang gurih yang sangat cocok untuk lidah Bunda yang sedang Hamil. Mangga muda untuk Ibu Hamil Aman Dikonsumsi. Dan mangga muda juga memiliki manfaat diantaranya :

  • Mencegah Dehidrasi

Makan mangga muda saat siang hari dan musim panas, membantu Bunda untuk mengurangi dehidrasi / kekurangan cairan.

Zat yang terkandung dalam mangga muda dapat menjaga asupan natrium klorida dan zat besi yang keluar secara berlebihan saat tubuh kepanasan.

Bunda dapat mengkonsumsinya dengan cara campuran salad nih sahabat Bunda, dan beberapa komposisi buah lain.

  • Mengatasi Sembelit

Masalah yang sering timbul selain mual dan muntah saat hamil adalah sembelit atau sulit BAB. Ternyata kandungan pada mangga muda yang tinggi serat  dan alkali sangat bermanfaat untuk mengatasi sembelit.

Bunda dapat mengkonsumsi mangga muda dengan kombinasi madu dan garam, untuk mengurangi rasa masam yang terkandung pada mangga muda tersebut;.

  • Baik Untuk Kesehatan Jantung

Mangga muda juga mengandung niacin dan vitamin B3. kandungan niacin dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan peningkatan kadar kolesterol darah loh sahabat Bunda.

Kondisi Bunda yang sedang mengandung membutuhkan kesehatan jantung yang sempurna tanpa masalah. Karena jantung berperan penting dalam menyalurkan sari makanan dan oksigen yang dibutuhkan janin melalui plasenta (ari-ari) dan tali pusat.

  • Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mangga muda sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi pada mangga muda.

Vitamin C sangat baik menjaga kesehatan gusi dan gigi turun karena gravitasi. Selain itu vitamin C juga dapat membantu mencegah gusi berdarah atau sariawan, bau mulut, serta kerusakan gigi.

  • Menambah Energi

Mangga Muda memiliki kandungan mineral yang baik dan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk Bunda yang sedang hamil.

Bunda dapat menjadikannya sebagai selingan makanan di siang hari setelah Bunda mengkonsumsi makanan berat / kondisi perut tidak kosong.

Kandungan mineral dan vitamin di mangga muda membuat Bunda semakin berenergi dan menambah pemenuhan kebutuhan gizi tubuh.

Perlu Bunda perhatikan saat mengkonsumsi mangga muda saat hamil yaitu, jangan konsumsi saat perut kosong, karena akan meningkatkan produksi asam lambung. Bunda dapat mengkonsumsi dengan kombinasi dengan madu atau garam untuk mengurangi rasa masam pada mangga muda, atau sebagai kombinasi campuran salad buah ya sahabat Bunda.

BACA JUGA : Solusi Sulit Makan Untuk Ibu Hamil