Beranda Konsepsi Tanda Sperma Berkualitas!

Tanda Sperma Berkualitas!

Sperma sehat adalah salah satu indikator kesuburan seorang pria. Sperma yang berkualitas memiliki potensi terjadinya kehamilan yang tinggi. Menjaga kualitas sperma sangat penting bagi pasangan yang menginginkan keturunan. 

Sperma terkandung dalam air mani pria. Air mani inilah yang berfungsi sebagai kendaraan sperma menuju saluran reproduksi wanita. Air mani yang dikeluarkan saat pria ejakulasi berupa cairan berwarna putih atau abu-abu, dengan jumlah normal sekitar 2 mililiter (ml). Selain sperma, air mani mengandung lendir yang dihasilkan kelenjar reproduksi pria.

Ciri-ciri sperma berkualitas

Sperma berkualitas adalah sprema yang sehat, dimana sprema dapat menembus jalan lahir menuju sel telur dan membuahinya. Berikut ciri-ciri sperma yang berkulitas, diantaranya :

  • Jumlah sperma 

Setiap mengalami ejakulasi, pria akan mengeluarkan paling tidak 2-5 ml cairan sperma. Setiap mililiter cairan sperma tersebut paling tidak mengandung 15 juta sel sperma. Jumlah sperma yang terlalu sedikit, kemungkinan penyebab sulitnya terjadi kehamilan. 

Pemeriksaan jumlah sperma biasa dilakukan pada tahap awal program kehamilan di klinik infertilitas. Dan untuk mengetahui jumlah sperma yang keluar pada setiap ejakulasi tidak dapat dihitung secara manual ya sahabat Bunda, hanya dapat dilakukan di klinik infertilitas. 

  • Bentuk dan gerak sperma

Tanda sperma sehat selanjutnya adalah bentuk dan gerak sperma, bentuk sperma harus utuh mulai dari kepala sampai ekor jika ada yang cacat / bengkok / patah maka sperma tersebut tidak akan mudah meraih sel telur karena gerakan sperma dipengaruhi oleh bentuk sperma itu sendiri.

Bentuk sperma normal memiliki ciri kepala yang berbentuk lonjong dan ekor yang panjang untuk mendukung gerakan ke depan. Sedangkan gerakan sperma sehat harus memiliki kemampuan untuk bergerak cepat dan ke arah depan. Paling tidak harus terdapat sebanyak 30% sperma normal dalam air mani untuk menyatakan sperma tersebut tergolong sehat.

  • Tekstur cairan sperma

Air mani yang mengandung sperma sehat memiliki tekstur yang kental dan sedikit lengket. Sperma kemudian akan mencair dalam waktu tertentu agar jalannya menuju rahim menjadi lebih mudah.

Tekstur air mani yang kental memang biasanya menggambarkan bahwa jumlah sperma yang lebih banyak dan memudahkan sperma untuk lebih lama berada di vagina. Meskipun begitu, sperma yang memiliki tekstur lebih cair bukan berarti tidak subur sama sekali.

  • Aroma cairan sperma

Indikasi sperma sehat juga bisa dilihat dari aroma cairan sperma. Air mani seharusnya tidak memiliki bau yang amis, melainkan memiliki bau seperti klorin atau bau menyerupai pemutih pakaian. Cairan sperma yang berbau amis sama seperti warna sperma yang abnormal, bisa menandakan infeksi pada organ genital atau saluran kemih pria.

  • Warna cairan sperma

Warna sperma yang sehat adalah putih atau keabuan. Pada sebagian orang ditemukan juga cairan sperma berwarna kekuningan dan hal ini masih normal. Warna cairan sperma yang tidak normal adalah apabila berwarna kemerahan atau kuning pekat. Hal ini bisa menjadi indikasi adanya infeksi atau gangguan pada organ genital pria.

  • Rasa cairan sperma

Normalnya cairan sperma hanya terdapat dua macam rasa, yaitu manis dan pahit sedikit masam. Jika di luar kedua rasa tersebut, maka ada kemungkinan cairan sperma tidak normal atau tidak sehat.

Rasa sperma yang pahit atau pahit ternyata dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi pria. Jika mengonsumsi buah-buahan yang mengandung gula alami, maka sperma juga akan memiliki rasa masis. Sebaliknya sperma yang pahit adalah dipengaruhi oleh konsumsi produk hewani.

Memiliki sperma yang sehat membutuhkan upaya hidup sehat pula, karena sperma sehat sangat dipengaruhi oleh gaya hidup pria tersebut. Salah satu yang mempengaruhi sperma sehat adalah kebiasaan menjalani pola hidup sehat, berhenti merokok, hingga mengurangi konsumsi minuman keras, berolahraga dan menjaga kualitas gizi pada makanan yang dimakan setiap harinya.

BACA : Makan Apa Ya Biar Sperma Berkualitas?