Beranda Anak Tekstur MPASI untuk Bayi 6 sampai 12 Bulan

Tekstur MPASI untuk Bayi 6 sampai 12 Bulan

Sahabat Bunda memperhatikan tekstur pada makanan bayi sangat penting nih Bun, karena jika tahapan pemberian tekstur sudah tepat, maka memasuki usia 12 Bulan bayi sudah dapat memulai makanan bertekstur padat dan empuk dan dapat makan makanan keluarga.

Berikut prinsip tekstur pada makanan bayi berdasarkan usia, diantaranya :

Usia 6-8 Bulan

  1. Tekstur awal perkenalan adalah cair, kemudian naik menjadi lembek dan kental secara bertahap, upayakan usia 6 bulan 14 hari sudah tidak cair buburnya ya Bunda. Makanan dapat disaring atau diblender.
  2. Pemberian 2-3 kali makan
  3. Jumlah 2-3 sendok makan, dan bertahap naik menjadi maksimal 125 ml

Usia 9-10 Bulan

  1. Tekstur agak kasar namun empuk sehingga bayi mudah untuk mengunyah. Bisa dengan ditumbuk.
  2. Pemberian 3-4 kali makan
  3. Jumlah takaran lebih dari 125 ml. Namun jika bayi memiliki lambung yang kecil, dan selalu tidak habis saat lebih dari 125, Bunda dapat meningkatnya frekuensi makannya saja ya Bunda. Jangan memaksakan menghabiskan semua karena bayi akan tidak nyaman. 

Usia 10-12 Bulan

  1. Makanan dicincang kasar, namun bahan dasar mudah untuk dikunyah (empuk), tahap ini kenalkan bertahap dan berseling jika bayi masih sulit untuk menerimanya.
  2. Pemberian 3-4 kali makan
  3. Jumlah takaran lebih dari 200 ml. Namun jika bayi memiliki lambung yang kecil, dan selalu tidak habis saat lebih dari 200 ml, Bunda dapat meningkatnya frekuensi makannya saja ya Bunda. Jangan memaksakan menghabiskan semua karena bayi akan tidak nyaman. 

Usia di atas 12 Bulan

Bunda dapat mengenalkan makanan orang dewasa/makanan keluarga. Makanan juga dapat lebih bervariasi dalam bentuk bumbu dan sajian. Namun hindari makanan dengan bumbu beraroma tajam.