Beranda Persalinan Tips Aman Menyusui Ditempat Umum

Tips Aman Menyusui Ditempat Umum

Ruangan Ibu dan Anak untuk saat ini memang sudah banyak ditemui di tempat- tempat umum, sehingga memudahkan Bunda untuk tetap menyusui. Lantas bagaimana jika Bunda tidak menemukan bilik menyusui ditempat umum?

Masalah Menyusui Ditempat Umum 

Kegiatan menyusui di tempat umum sempat mengundang kontroversial di negara-negara tertentu. Di Singapura, misalnya, seorang Bunda ditegur oleh salah satu pengunjung ketika sedang menyusui di sebuah restoran. Menurut pengunjung tersebut, menyusui di tempat umum adalah perbuatan yang tidak pantas dan melanggar hukum. Beberapa negara juga melarang kegiatan menyusui di tempat umum seperti restoran, taman, perpustakaan, dan pertokoan. Jadi, ada baiknya bagi Bunda yang ingin mengajak Si Kecil pergi ke luar negeri, untuk memeriksa terlebih dahulu peraturan menyusui di tempat umum di negara tersebut. Untungnya, Indonesia termasuk salah satu negara yang tidak mempermasalahkan Bunda yang menyusui di tempat umum. Walaupun begitu, Bunda tetap disarankan untuk menjaga kesopanan ketika ingin menyusui. 

Berikut trik-trik agar Bunda dapat nyaman menyusui di tempat umum:

  • Berlatih Terlebih Dahulu

Menyusui di tempat umum tidak seleluasa menyusui di dalam rumah. Perlu cara-cara khusus untuk menutupi payudara dan agar tidak menarik perhatian orang-orang. Karena itu, Bunda bisa berlatih dulu di rumah agar lebih siap ketika harus menyusui di tempat umum. Caranya, berlatihlah di depan cermin untuk melihat posisi bagaimana yang dapat melindungi bagian pribadi Bunda ketika menyusui.

  • Kenakan Busana yang Mendukung

Jika ingin bepergian ke luar rumah, kenakanlah baju yang dapat memudahkan Bunda untuk menyusui. Paling baik jika Bunda mengenakan baju khusus untuk menyusui. Tapi kemeja juga bisa menjadi alternatif busana untuk menyusui, karena kancing-kancingnya mudah dibuka. Atau Bunda juga bisa mengenakan baju dua lapis, dan menggunakan lapisan luar sebagai penutup ketika sedang menyusui. Jadi, pakaian seperti apa yang membuat Bunda nyaman untuk menyusui, kenakanlah itu.

  • Perhatikan Juga Kenyamanan Bayi

Selain memikirkan cara untuk menutupi bagian payudara Bunda, kenyamanan bayi juga harus diperhatikan. Menggunakan nursing cover atau lapisan luar baju terkadang dapat membuat bayi kesulitan bernapas. Jadi, pilihlah jenis penutup yang dapat memberikan ruang udara bagi Si Kecil untuk bernapas, seperti cardigan atau sweater, selendang, atau selimut tipis.

  • Gunakan Bra Khusus untuk Menyusui

Bra khusus menyusui memiliki cup yang mudah dibuka hanya dengan menggunakan satu tangan. Namun, perlu dua tangan untuk memasangnya kembali, sehingga Bunda harus berlatih untuk mengenakannya. Saat ini, sudah banyak dijual bra khusus menyusui dengan berbagai desain yang dapat Bunda pilih sesuai kenyamanan Bunda.

  • Temukan Tempat Terbaik

Jika tempat yang Bunda kunjungi tidak memiliki ruangan menyusui, carilah tempat yang tidak terlalu ramai agar Bunda dapat memiliki privasi dan dapat dengan nyaman menyusui. Bunda dapat memilih tempat seperti di tempat duduk paling pinggir di sebuah restoran, di sudut tempat duduk di balik tanaman, dan lain-lain. Tapi hindari menyusui di dalam toilet karena tidak nyaman untuk Si Kecil dan juga Bunda.

  • Segera Menyusui Ketika Bayi Lapar

Sebaiknya Bunda segera menyusui jika bayi sudah memberikan tanda-tanda lapar. Jangan biarkan Si Kecil kelaparan sampai ia menangis keras. 

  • Bertindaklah dengan Wajar

Lakukan kegiatan menyusui ini dengan sewajarnya agar tidak menarik perhatian orang. Bungkukkan badan dengan santai saat membuka baju dan memasukkan puting ke mulut bayi. Lalu setelah selesai, segera rapikan kembali baju dan tegakkan badan. Jika ada seseorang yang memperhatikan Bunda, balas lah dengan balik memandangnya sambil tersenyum. Dengan begitu, orang tersebut akan segera mengalihkan perhatian mereka.

Selama menyusui Bunda sebaiknya selalu menggunakan dan membawa alat yang dapat menjaga privasi Bunda selama menyusui ditempat umum, minta bantuan keluarga / pasangan jika sekiranya membuat Bunda kesulitan melakukannya.