Beranda Anak Tips Cukur Rambut Si Kecil

Tips Cukur Rambut Si Kecil

Mencukur rambut si Kecil merupakan hal penting nih sahabat Bunda, selain untuk menebalkan rambut mencukur rambut juga dapat membuat rambut semakin sehat.

Akar rambut bayi tumbuh sejak didalam kandungan pada usia 8 minggu, dan terus bertumbuh saat si Kecil lahir. Apa saja manfaat mencukur rambut si kecil, yuk kita simak sahabat Bunda.

Beberapa manfaat mencukur rambut si Kecil, diantaranya :

  1. Mencukur rambut bayi dapat membersihkan lemak. Banyak lemak dan kotoran yang menempel pada sekujur tubuh bayi, dan juga menempel pada rambutnya. Dengan mencukur rambut bayi sampai habis, sisa-sisa lemak dan kotoran yang menempel pada tubuh bayi akan terbuang.
  2. Mudah mengetahui bila ada masalah pada kulit kepala bayi. Jika ada infeksi pada kulit kepalanya, Bunda bisa dengan mudah melihat infeksi dan juga mencegahnya agar infeksi tidak berkelanjutan.
  3. Nyaman untuk kepala bayi. Jika rambut kepala bayi dicukur sampai habis, bayi akan merasa nyaman karena sirkulasi udara dapat mengurangi suhu panas pada kulit kepala bayi.

Alat yang diperlukan untuk mencukur adalah gunting rambut, pisau cukur, 2 handuk kecil yang lembut, dan air hangat secukupnya. Gunting rambut bayi yang masih panjang, kemudian cukur rambut bayi menggunakan pisau cukur.

Bunda dapat cukur rambut bayi dalam keadaan tertidur lelap. Bunda harus mengetahui jadwal bayi tertidur, agar bayi tidak rewel ketika dicukur rambutnya. Pastikan lah ketika bayi tertidur, perut bayi dalam keadaan yang kenyang. Memotong rambut bayi bisa menghabiskan waktu sampai 2 jam lamanya, Bunda harus rileks dan hati-hati saat mengerjakannya. Meski rambut bayi telah dicukur habis, Bunda harus tetap menjaga kebersihan kulit kepala bayi.

Berikut langkah – langkah dalam mencukur rambut si Kecil

  • Sebelum mencukur rambut bayi, cuci atau basahi terlebih dahulu rambut bayi. Ini akan mempermudah Bunda untuk melakukannya.
  • Cari posisi yang aman untuk cukur rambut bayi, Bunda dapat memegang kepalanya yang beralaskan handuk kecil yang lembut sambil mencukur rambutnya. Pastikan bayi tertidur dengan lelap.
  • Gunting rambut bayi yang panjang terlebih dahulu. Bunda bisa melakukannya dengan hati-hati, jangan sampai bayi terkejut.
  • Setelah rambut yang panjang digunting, basahi dengan air hangat. Sebaiknya dari kepala bagian atas sampai ke seluruh kepala.
  • Setelah dibasahi dengan air hangat, kemudian cukur dengan menggunakan pisau cukur. Arah gerak posisi pisau cukur vertikal ke bawah. Dengan menggunakan pisau cukur ini, Bunda harus perhatikan posisi kemiringan penampang terhadap kulit kepala. Tekan dengan sedikit dan perlahan-lahan serta hati-hati.
  • Jika terjadi luka goresan pada kulit kepala bayi, Bunda jangan panik terlebih dahulu. Segeralah obati dengan menggunakan antiseptic dengan menggunakan cotton buds secara perlahan-lahan.

Sebaiknya Bunda tetap melakukan perawatan kulit kepala dengan memberinya shampo dan setelah rambut mulai tumbuh Bunda dapat memberikan hair tonic khusus bayi untuk menyuburkan rambut, atau dengan minyak kemiri.