Beranda Anak Tips Memilih Popok Bayi Sekali Pakai

Tips Memilih Popok Bayi Sekali Pakai

Memilih popok sekali pakai yang akan digunakan pada bayi terutama bayi baru lahir harus benar-benar diperhatikan kualitas dan kenyamanan popok tersebut ya Bunda, karena jika salah membeli popok bisa-bisa kulit bayi yang sensitif dapat menjadi ruam dan bayi menjadi panas dan rewel. 

Berikut hal yang perlu Bunda perhatikan saat akan membeli popok sekali pakai, yaitu:

Jenis popok

Bunda dapat mencari popok sekali pakai dengan memilih jenis popok, seperti popok untuk newborn/ bayi baru lahir dengan tipe perekat yang mudah digunakan dan dilepas, atau popok untuk yang telah merangkak dan berjalan dengan jenis celana menyesuaikan keaktifan anak. 

Ukuran 

Sebaiknya Bunda membeli popok sekali pakai dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan berat badan bayi, agar bayi nyaman dan tidak terlalu ketat membuat udara sulit keluar dan masuk. Popok yang terlalu ketat dapat membuat lecet dan lembab dan memicu ruam dan gatal. 

Kenyamanan Bayi

Pilihlah lapisan popok yang lembut agar bayi nyaman dan tidak mudah iritasi karena gesekan. Bunda dapat perhatian gerakan bayi saat menggunakan popok, terlihat gelisah atau tidak nyaman. Jika terdapat luka dan merah pada kulit bayi sebaiknya coba beralih jenis popok yang lain. 

Daya Serap

Pilihlah popok yang daya serapnya tinggi dan cepat, agar kulit bayi tetap kering dan terhindar dari bocor. Kulit yang terjaga untuk tetap kering akan lebih sehat, dibandingkan lembab dan tertutup.

Bunda dapat mengecek setiap kali mengganti popok, apakah permukaan popok tetap kering, dan kulit bayi tetap kering. jika permukaan popok kering, menandakan popok tersebut memiliki daya serap yang tinggi dan cepat, dan menjaga kontak kulit dan popok tetap nyaman.

Membeli Dengan Jumlah Sedikit

Sebaiknya Bunda membeli satu jenis popok dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu agar dapat mengetahui reaksi kulit si kecil. Jika nyaman dan tidak ada iritasi Bunda dapat membeli dalam jumlah yang lebih banyak. 

Selalu ganti popok sekali pakai minimal 5 jam sekali atau segera setelah penuh dan bayi merasa tidak nyaman (BAB). Pastikan membilas dengan air saat akan mengganti popok, agar kotoran dari air pipis dapat hilang. 

Bunda dapat memastikan kulit dalam kondisi kering sebelum memasang popok sekali pakai, dan gunakan salep diaper rash untuk menghindari adanya ruam pada kulit bayi.