Beranda Persalinan Tips Memperbanyak ASI Selama Menstruasi

Tips Memperbanyak ASI Selama Menstruasi

Saat menstruasi, banyak diantara Bunda yang sedang menyusui mengalami penurunan pasokan ASI. Hal ini membuat beberapa ibu menyusui kadang mengeluh karena ASI-nya sedikit, terutama saat Bunda sedang bekerja dan melakukan pompa. Lalu bagaimana mengatasi penurunan pasokan ASI saat menstruasi ?

Tips memperbanyak ASI saat menstruasi

Menstruasi memang merupakan salah satu faktor pengaruh dari penurunan produksi ASI, hal ini dikarenakan perubahan hormon yang terjadi pada tubuh. Namun tidak semua Bunda mengalami penurunan secara drastis saat menstruasi. 

Selain faktor perubahan hormon penurunan produksi ASI juga disebabkan oleh rasa cemas dan stres yang dialami Bunda yang sedang mens. Menstruasi akan membuat Bunda mengalami nyeri di perut, rasa tidak nyaman di area kewanitaan yang membuat Bunda mudah stres dan stres sangat mempengaruhi dalam produksi ASI.

Karena hal tersebut, Bunda dapat melakukan tips berikut untuk tetap menjaga produksi ASI selama masa menstruasi diantaranya :

  1. Meningkatkan secara alami dengan mengkonsumsi madu khusus menyusui dan teh alami khusus menyusui. Beberapa metode ini mempengaruhi untuk menjaga produksi ASI selama menstruasi, atau minimal tidak menurun secara drastis dan membuat bayi frustasi. 
  2. Menjaga asupan makan, Bunda dapat mengatur pola makan dengan nutrisi yang lebih banyak saat menstruasi. Makanan makanan yang bergizi dan konsumsi kacang-kacangan agar dapat membantu produksi ASI. Sup ayam yang mengandung lemak hewani juga dapat membantu menjaga produksi ASI. 
  3. Konsumsi air putih secara teratur dan lebih banyak. Karena bahan dasar ASI adalah air, maka Bunda harus tetap menjaga jumlah konsumsi air terlebih saat menstruasi.
  4. Istirahat yang cukup. Jika saat tidak menstruasi Bunda mencuci, menyapu, mengepel setiap hari, mungkin Bunda bisa mengurangi kegiatan tersebut untuk tetap menjaga kualitas istirahat Bunda nih. Cukup istirahat membuat Bunda lebih rileks dan tidak mudah stress.
  5. Bunda dapat mencoba kombinasi suplemen kalsium dan magnesium seperti 1000 mg kalsium yang diminum dengan 500 mg magnesium sebelum dan selama sedang haid.
  6. Terus melakukan pompa ASI secara teratur di samping menyusui secara langsung, setiap 2-3 jam sekali. 

Tetap bersemangat ya Bunda, ajak Ayah untuk tetap mendukung dalam fase tersebut dan Bunda dapat melakukan konsultasi pada dokter, atau konselor ASI jika Bunda mengalami hal yang sulit dilalui secara individu.