Beranda Anak Tips Mendidik Anak Perempuan

Tips Mendidik Anak Perempuan

Perempuan adalah pilar sebuah generasi. Perempuan akan menjadi pendidik pertama bagi generasi berikutnya. Oleh sebab itu perlu bagi Bunda yang saat ini sedang memiliki anak perempuan menjadikannya pribadi yang hebat untuk terus mengembangkan generasi selanjutnya.

Sama halnya anak laki-laki, anak perempuan juga perlu pendidikan karakter yang melekat dalam dirinya agar menjadikannya perempuan yang menyejukan dan mencerdaskan.

Berikut tips yang dapat Bunda terapkan pada anak perempuan sejak dini, untuk membentuk karakter anak, diantaranya:

  • Ajarkan disiplin dan manajemen waktu

Perlu Bunda ketahui pada dasarnya perempuan memiliki kecenderungan dapat mengerjakan banyak hal dalam 1 waktu. Jika saat dini Bunda menerapkan kemampuan asli perempuan yang dapat melakukan banyak hal, maka Bunda akan membantunya dalam mengerjakan banyak hal saat besar nanti.

Salah satu yang dapat Bunda latih seperti membiasakan menyapu disertakan membereskan bagian atas seperti mejanya, kursinya. Maka pekerjaan rumah selesai bersamaan tidak hanya menyapu saja.

  • Mengajarkan untuk mengendalikan perasaan

Selain dapat mengerjakan banyak hal, perempuan cenderung mengedepankan perasaannya dan sensitif. Ini tantangan Bunda dalam melatih anak untuk mengendalikan perasaannya. Ajarkan anak untuk tidak terlalu sedih dan senang berlebihan.

Kelola emosi anak untuk mencerna terlebih dahulu setiap peristiwa, baru meluapkan perasaannya. Misal saat anak melakukan kesalahan, pasti jika anak perempuan cenderung akan menangis terlebih dahulu padahal belum diomelin ya Bunda. Nah disini Bunda harus mengajarkan anak bersikap terhadap masalahnya terlebih dahulu, seperti membuat anak berani berbicara apa yang telah ia lakukan, dan mengakui kesalahannya, memperbaiki kesalahannya. Jadi tidak dengan menangis.

  • Dorong anak menjadi pribadi yang tegas dan memiliki prinsip

Anak perempuan cenderung kalem dan pendiam dibandingkan anak laki-laki, namun dibalik diamnya membuat membahayakan jika anak diganggu oleh orang yang tidak dikenal.

Bunda harus memulai untuk anak bersikap aktif dan berani mengatakan “tidak” pada hal yang membuatnya tidak nyaman. Berikan prinsip penjagaan diri terutama pada prinsip seksualitas yang ada pada dirinya. Untuk menjaga hal-hal yang penting dalam dirinya.

  • Dukung kesukaannya dan bantu dia untuk sukses dibidang yang ia sukai

Anak perempuan adalah generasi yang akan menjadi Ibu untuk generasi berikutnya. Jika anak perempuan memiliki kesukaan yang bersifat positif maka itu merupakan hal lebih yang dapat dikembangkan untuk menjadikannya lebih unggul dibandingkan anak lainnya. Sehingga akan menjadikannya contoh dan tauladan bagi anak-anaknya kelak.

Bahkan hobi atau kesukaan yang dimilikinya akan menjadi ilmu yang bermanfaat untuk anak-anaknya nanti.

  • Mendidik menjadi anak yang kreatif dan mandiri

Menjadi perempuan memang membutuhkan keahlian dan kreatifitas yang tinggi. Dengan kreatifitas dan sikap hidup mandiri akan membuat ia akan bertahan dengan kehidupan yang akan ia lalui nanti. Karena tidak selamanya Bunda akan melihat ia dilindungi oleh Ayah terus menerus. Kelak suatu saat ia harus melindungi dirinya dan anak-anaknya sendiri.

Memberikan kesempatan dan peluang yang sama untuk anak perempuan adalah hal yang sangat dianjurkan, karena tidak selamanya anak perempuan Bunda dilindungi dengan Ayah. kelak ia akan berjuang untuk dirinya sendiri bahkan berjuang untuk Bunda. Kembangkan dan buat anak lebih kreatif dan inovatif terhadap dirinya. Namun jangan lupakan prinsip penting dalam menjaga keistimewaannya yang ia miliki saat ini.