Beranda Anak Vitamin Alami Penambah Daya Tahan Tubuh Anak

Vitamin Alami Penambah Daya Tahan Tubuh Anak

Daya tahan tubuh adalah sistem imunitas tubuh yang  terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. 

Tubuh akan berusaha membunuh virus, bakteri, jamur dan parasit yang masuk dalam tubuh dengan sistem imunitas yang alami. Namun jika imunitas menurun maka tubuh akan sulit menaklukan serangan dari virus, bakteri, jamur dan parasit yang masuk sehingga mudah sakit. 

Sistem imunitas belum sepenuhnya maksimal pada usia anak-anak, sehingga anak-anak lebih mudah sakit seperti flu, batuk, dan demam. Upaya untuk menghindari penyakit yang menular pada anak-anak Bunda perlu memberikan imunisasi dasar secara lengkap.

Lalu bagaimana jika anak-anak sudah diberikan imunisasi lengkap dan imunisasi tambahan masih saja mudah sakit?

Madu Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Vitamin Alami Penambah Daya Tahan Tubuh Anak – Halamanbunda.com

Selain imunisasi dasar, anak membutuhkan tambahan vitamin alami sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuhnya. Salah satu pilihan Bunda untuk vitamin anak adalah madu. 

Madu memiliki banyak manfaat untuk anak berkat kandungan nutrisinya yang beragam, seperti gula, karbohidrat, vitamin C, vitamin B, asam amino, zat besi, zinc, dan kalium. Selain enak rasanya, cairan manis yang diproduksi oleh lebah ini juga kaya akan antioksidan flavonoid dan polifenol. Madu juga diketahui memiliki efek anti radang dan antibakteri.

Manfaat Madu Untuk Anak

Madu telah lama digunakan secara tradisional untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai keluhan medis dan penyakit. Berikut ini adalah beberapa kebaikan dan manfaat madu untuk anak:

  1. Sumber energi untuk mendukung aktivitasnya

Manfaat madu untuk anak yang pertama adalah sebagai sumber energi. Madu mengandung gula alami, yakni fruktosa dan glukosa. Kandungan gula ini bersumber dari karbohidrat yang dibutuhkan sebagai bahan bakar atau energi agar anak lebih semangat menjalani aktivitasnya.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Madu juga mengandung zat yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan pada madu juga terbukti mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit.

  1. Meredakan batuk dan pilek

Batuk, pilek, dan sakit tenggorokan adalah beberapa gejala dari peradangan pada saluran pernapasan. Anak-anak sering mengalami hal tersebut ketika ia terkena flu atau ISPA. Nah, menurut beberapa penelitian, madu terbukti mampu meredakan batuk dan pilek pada anak serta meredakan peradangan pada saluran nafasnya.

Dalam meredakan batuk, manfaat madu bahkan terlihat memiliki efek yang sama manjurnya dengan obat batuk. Anak yang diberikan 1,5–2 sendok teh madu saat hendak tidur terlihat dapat beristirahat lebih nyaman dan tidur lebih lelap karena batuknya berkurang setelah diberikan madu.

  1. Baik untuk kesehatan pencernaan

Madu mengandung prebiotik alami yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan. Manfaat madu ini penting untuk menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil. Madu pun dapat membantu menambah nafsu makan Si Kecil.

Hasil studi dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu mampu meredakan gangguan pencernaan, seperti konstipasi dan nyeri perut pada anak.

  1. Menyembuhkan luka lebih cepat

Anak-anak cenderung aktif ketika bermain, sehingga rentan terjatuh dan terluka. Nah, madu ternyata juga dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Cara menggunakannya sangat mudah, setelah luka dibersihkan, oleskan madu pada area kulit yang terluka. Madu dapat dioleskan sebanyak 2–3 kali sehari hingga luka sembuh.

Pemberian Madu Pada Anak

Bunda dapat memberikan madu pada anak diatas 1 tahun, pada tahap awal pemberian madu, berikan secara sedikit terlebih dahulu untuk melihat reaksi alergi pada anak.

Jika tidak ada reaksi alergi pada anak, Bunda dapat memberikan madu  1-2x/ harinya sebanyak 1 sendok makan. Bunda juga dapat memberikan madu secara langsung atau mencampurkan madu dengan air agar tidak terlalu menyengat.