Beranda Persalinan Waktu Ajaib Memperbanyak ASI Di Sepertiga Malam, Mengapa?

Waktu Ajaib Memperbanyak ASI Di Sepertiga Malam, Mengapa?

Banyak Bunda yang sedang melalui fase laktasi belum mengetahui waktu peri atau waktu dimana hormon prolaktin yang bekerja dalam memproduksi ASI berada pada titik tertinggi. Waktu peri tersebut adalah di sepertiga malam, yakni antara jam 2-3 malam.

Bagi Bunda yang ingin meningkatkan produksi ASI dan menambah stok ASIP maka Bunda dapat melakukan power pumping di jam tersebut. 

Mengenal Power Pumping

Power pumping adalah cara memompa ASI yang meniru frekuensi menyusui bayi yang mengalami growth spurt. Growth spurt adalah saat dimana bayi membutuhkan ASI atau susu lebih banyak dari pada biasanya, karena bayi sedang mengalami masa pertumbuhan yang pesat.

Pada saat-saat itu bayi akan menyusui lebih sering, lebih lama dengan hisapan dalam dan kuat sehingga hormon prolaktin memerintahkan otak untuk memproduksi ASI lebih banyak.

 Manfaat power pumping

Power pumping ini dilakukan secara rutin dengan durasi 1 jam lamanya, dilakukan pada malam jam 2-3 pagi atau pagi hari setelah bangun tidur. Manfaat power pumping ini akan terasa setelah beberapa hari melakukannya secara konsisten, Bunda bisa melakukan power pumping (memompa dengan hisapan dalam, durasi 1 jam) beberapa kali setiap harinya.

Waktu yang baik adalah saat malam hari sekitar jam 2-3 pagi, setelah bangun tidur pagi dan disela-sela Bunda beristirahat siang hari. Power pumping ini memiliki manfaat sebagai berikut :

  • Meningkatkan produksi secara maksimal dimana memberikan stimulus pada otak secara langsung untuk memperbanyak produksi dengan memperbanyak ASI yang dikeluarkan. 
  • Menambah stok ASIP bagi para Bunda yang bekerja di luar rumah.
  • Jika ASI sudah banyak akan mudah meningkatkan BB bayi dan menenangkan bayi tentunya.

Cara Melakukan Power Pumping 

  • Pilih waktu 1 jam setiap pagi atau malam hari

Bunda dapat melakukan power pumping dengan durasi 1 jam di malam atau pagi hari setelah bangun tidur atau di keduanya. Selam 1 jam tersebut lakukan cara mempa sebagai berikut :

  1. Pompa ASI selama 20 menit, istirahat 10 menit
  2. Pompa lagi selama 10 menit, istirahat 10 menit
  3. Pompa lagi selama 10 menit, selesai

 Dengan tata cara tersebut waktu memompa adalah 40 menit dengan total lamanya proses memompa 1 jam. Setelah melakukan power pumping Bunda tetap melakukan pompa ASI seperti biasanya setiap 2-3 jam sekali. 

Proses power pumping yang baik adalah minimal 1x setiap hari ideal saat malam atau pagi hari setelah bangun tidur, atau Bunda dapat melakukan beberapa kali 2-3x setiap harinya saat Bunda luang. 

  • Lakukan secara konsisten

Melakukan power pumping sangat terbukti meningkatkan produksi ASI, namun setiap Bunda akan merasakan peningkatan produksi secara berbeda-beda. Ada Bunda yang merasakan hasil power pumping dalam waktu 48 jam setelah power pumping, ada pula baru merasakan setelah melakukan power pumping selama tujuh hari berturut-turut bahkan lebih.

Oleh sebab itu Bunda perlu melakukan secara teratur dan konsisten, jika Bunda telah lancar dalam produksi ASI, dan sesuai dengan yang Bunda harapkan, sebaiknya tetap melakukan power pumping minimal 1x sehari. Karena jika Bunda terlena dan bersantai maka Bunda harus memulainya seperti awal kembali saat suplai ASI mulai seret nih Bunda. 

  • Hindari stres dan beban dalam proses menyusui dan memompa

Jangan jadikan beban dalam proses meningkatkan ASI, karena penting pompa ASI ini untuk meningkatkan produksi ASI. Bunda dapat melakukannya dengan santai dan melakukan hal yang Bunda sukai seperti, menonton, membaca bahkan makan. Jangan jadikan beban dan membuat Bunda stres. Karena saat stres hormon tidak dapat bekerja secara maksimal. Ingat ya Bunda hormon menyusui adalah hormon yang timbul dari rasa bahagia. 

  • Gunakan alat yang nyaman dan memudahkan Bunda 

Karena melakukan power pumping memakan waktu yang cukup lama, Bunda sebaiknya memilih alat pompa yang nyaman dan mudah digunakan. Bunda dapat memilih pompa elektrik atau pompa manual yang dapat menghisap secara dalam. 

Beberapa Bunda menyukai pompa elektrik, karena pompa elektrik lebih efektif digunakan karena desain yang sesuai dengan daya hisap dan frekuensi bayi ketika menyusui. Selain itu Bunda dapat lebih santai dalam proses memompa dengan dapat melakukan aktifitas lain, dan tak perlu mengeluarkan tenaga pada pompa manual. 

Menyusui malam hari

Selain Bunda melakukan power pumping saat hormon menyusui meningkat di malam hari, Bunda juga dapat menyusui secara langsung dimalam hari. Meski lelah dan mengganggu tidur Bunda menyusui saat malam hari sangat memiliki manfaat yang luar biasa, diantaranya :

  • Meningkatkan produksi ASI, karena hormon prolaktin berada pada titik tertinggi dimalam hari.
  • Menstabilkan produksi ASI saat siang hari.
  • Meningkatkan perkembangan otak anak, hal ini dikarenakan ASI pada malam hari mengandung lebih banyak tritofan (asam amino penginduksi tidur), Trytophan ini merupakan hormon vital untuk fungsi dan perkembangan otak.
  • Membuat bayi lebih nyenyak tidur dimalam hari.
  • Membantu meningkatkan BB bayi, oleh sebab itu tetap berikan ASI setiap 2-3 jam sekali meski sedang tertidur.
  • Menghindari mastitis / pembengkakan pada payudara, karena produksi meningkat saat malam hari dan Bunda tidak mengeluarkannya berpotensi pada pembengkakan dan berhentinya produksi ASI/ menurunnya produksi ASI.