Beranda Persalinan 3 Cara Menangani Batuk Berdahak Pada Ibu Menyusui

3 Cara Menangani Batuk Berdahak Pada Ibu Menyusui

Batuk berdahak sangatlah mengganggu, apalagi bunda mengalaminya saat menyusui. Mungkin bunda ingin meminum obat agar Si kecil tidak tertular. Tunggu dulu bunda, di masa menyusui bunda tidak bisa sembarangan untuk mengkonsumsi obat. Pasalnya, kandungan dalam obat yang bunda konsumsi mungkin bisa mengkontaminasi ASI yang bunda produksi.

Lalu apa yang bisa bunda lakukan di kondisi serba salah ini?. Untuk tahu jawabanya bunda bisa simak artikel yang satu ini. 

Obat Batuk Berdahak untuk Ibu Menyusui

Jika bunda mengalami batuk berdahak dan masih tergolong ringan, baiknya bunda tidak langsung meminum obat tertentu. Apalagi bunda meminum obat batuk dengan kandungan potassium iodide. Kandungan ini dapat diserap ke dalam ASI dan meningkatkan resiko penghambatan fungsi tiroid pada Si kecil. 

Baiknya bunda mencoba untuk meredakan batuk berdahak dengan cara alami. Bunda bisa mencoba dengan minum air putih, beristirahat, dan melakukan terapi uap, atau berkumur dengan air garam. Selain cara diatas, bunda juga bisa mencoba ramuan dari bahan alami yang bisa mengatasi batuk, diantaranya:

  • Madu 

Madu adalah bahan alami yang menjadi andalan untuk meredakan batuk. Caranya bunda bisa mencampurkannya dengan segelas teh hangat tanpa gula dan tambahkan sedikit perasan lemon. Minuman ini disebut ampuh untuk melegakan tenggorokan.

  • Jeruk Nipis dan Kecap

Salah satu cara tradisional lainya yang bisa meredakan batuk yaitu perasan jeruk nipis dan juga kecap manis yang dicampur. Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis dapat melemahkan otot-otot pada saluran pernapasan dan pastinya berkhasiat mengatasi suara serak akibat batuk.  

  • Nanas 

Mengkonsumsi buah nanas bisa jadi cara meredakan batuk. Hal ini karena kandungan bromelain yang diduga dapat membantu mengeluarkan lendir dalam tenggorokan, serta meredakan batuk bunda. 

Selain meminum bahan alami, bunda juga bisa membuat tubuh lebih nyaman dengan mandi air hangat. Karena hal ini dapat melegakan pernapasan dan membuat gejala batuk mereda. Sehingga bunda bisa menyusui dengan aman dan nyaman tanpa rasa khawatir.