Beranda Anak 4 Cara Mengarahkan Bakat Olahraga Anak

4 Cara Mengarahkan Bakat Olahraga Anak

Setiap anak memiliki ketertarikan yang berbeda-beda, termasuk dalam bidang olahraga. Ada anak yang menyukai olahraga berkelompok, tapi, ada juga yang lebih memilih olahraga individu. Hal itu mengapa penting bagi orangtua untuk mengarahkan bakat olahraga anak sejak dini agar ia bisa beraktivitas fisik sesuai apa yang mereka suka. 

Ada banyak sekali manfaat Olahraga bagi Si Kecil Bunda, salah satunya adalah:

  • Meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.
  • Merangsang pertumbuhan tulang dan otot.
  • Meningkatkan koordinasi gerak dan keseimbangan tubuh.
  • Membantu membentuk postur tubuh anak yang ideal.
  • Menurunkan risiko berat badan berlebih (overweight) dan obesitas.
  • Meningkatkan kemampuan sosial.
  • Melatih kedisiplinan, sikap sportif, dan kerjasama.

Mengarahkan Si kecil pada salah satu jenis cabang olahraga bukanlah perkara yang mudah dilakukan. Bunda membutuhkan kerja keras, ketekunan, serta kesabaran untuk melakukan hal tersebut. 

Tetapi Bunda tidak perlu khawatir karena, secara umum terdapat empat cara yang bisa Bunda coba terapkan untuk Si kecil:

  1. Kenalkan Berbagai Macam Olahraga

Jika Si kecil menunjukan minatnya pada salah satu jenis olahraga, Bunda dapat mulai mengarahkan minatnya dengan memperkenalkan berbagai macam olahraga. Bunda dapat memulainya dengan menunjukkannya dengan berjalan kaki, berlari, sepak bola, voli, bulu tangkis, tenis, basket dan jenis lainya. Cara lain yang dapat Bunda lakukan adalah memperkenalkan jenis olahraga yang ada dapat melalui televisi, video di internet serta memperaganya secara langsung, hal ini dapat membantu Si kecil untuk mengenali olahraga apa yang ia sukai.

  1. Ikut Olahraga Bersama

Ketika Bunda tengah memperkenalkan jenis olahraga yang ada, tidak salahnya Bunda serta ayah menunjukan minat pada olahraga. Salah satu kegiatan yang dapat Bunda dan ayah coba adalah melakukan aktivitas olahraga bersama dengan memanfaatkan car free day atau hari libur lainya untuk pergi olahraga bersama

  1. Lihat Antusiasme Si Kecil Saat Berolahraga

Ketika Si kecil sedang melakukan olahraga, Bunda dapat mengamati antusiasme serta perilaku yang ditunjukan Si kecil melalui interaksi dengan pemain lainya. Hal ini memiliki tujuan untuk Bunda mencari tahu apakah Si kecil menikmati kegiatan tersebut atau tidak. Selin melakukan pengamatan, Bunda juga dapat memberikan pertanyaan sederhana kepada Si kecil tentang aktivitasnya seperti, “Bagaimana? Adik suka?, “Besok ingin main lagi?, dan pertanyaan lainnya. Tujuan dari memberikan pertanyaan ini adalah memancing Si kecil untuk mengungkapkan perasaan mereka tentang olahraga tersebut dan Bunda dapat memahami perasaan yang Si kecil tunjukan.

  1. Beri Dukungan pada Si Kecil

Sebagai orangtua, adalah hal wajar jika ibu memiliki harapan tertentu untuk Si Kecil. Namun, sebisa mungkin Bunda tidak memaksakan kehendak Bunda pada Si Kecil, termasuk tentang olahraga apa yang harus dijalani Si Kecil. Bunda hanya perlu mengarahkan dan memberikan dukungan positif pada Si Kecil. Ini termasuk memberikan motivasi, semangat, dan memberikan fasilitas yang memadai guna meningkatkan bakat Si Kecil. Jika mungkin, Bunda bisa memasukkan Si Kecil pada klub olahraga yang disukainya, atau mengikutsertakan Si Kecil pada lomba olahraga.

Memiliki harapan tertentu kepada Si kecil merupakan hal yang wajar dilakukan oleh orang tua, akan tetapi sebisa mungkin ayah dan Bunda tidak memaksakan kehendak atau keinginan kepada Si kecil dengan apa yang harus ia lakukan, pelajari dan sukai, termasuk tentang olahraga apa yang akan ia lakukan. Ayah dan Bunda hanya perlu memberikan arahan serta menunjukan dukungan positif kepada Si kecil. Hal ini termasuk dalam memberikan motivasi, semangat dan jika memungkinkan memberikan fasilitas yang memadai guna meningkatkan bakat Si kecil. Selain itu, Bunda juga bisa membuat Si kecil untuk ikut bergabung dengan sebuah klub olahraga atau membuat Si kecil ikut serta dalam kompetisi olahraga.