Beranda Persalinan 4 Manfaat Minum Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui

4 Manfaat Minum Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui

Masa menyusui artinya bunda akan melakukan transfer nutrisi kepada Si kecil. Jadi bukan hanya Si kecil yang membutuhkan nutrisi, tapi bunda pun juga harus mendapatkan nutrisi yang cukup untuk bunda sendiri dan juga Si kecil.

Salah satu cara bunda mendapatkan nutrisi dengan minum susu, baik susu sapi ataupun susu dari kedelai. Bagi bunda yang memiliki alergi terhadap susu sapi, susu kedelai dapat menjadi pengganti. Bukan hanya menjadi pengganti saja, susu kedelai juga dapat menjadi minuman tambahan meski busui sudah mengkonsumsi susu sapi. Lantas, apa sih manfaat dari susu kedelai?

Manfaat Busui Minum Susu Kedelai

Nutrisi yang terkandung di dalam susu kedelai di antaranya air, protein, karbohidrat, gula, lemak, serat, dan asam folat. Kacang kedelai juga mengandung tinggi fitoestrogen, yaitu senyawa aktif pada tanaman yang mirip dengan hormon estrogen. Hormon estrogen secara alami ada di dalam tubuh wanita. Tak hanya itu saja bunda, Berikut ini manfaat susu kedelai jika dikonsumsi oleh busui:

  • Sumber Energi

Setelah persalinan, bunda akan mudah lelah dan lemas karena tubuh melewati proses adaptasi. Di sisi lain, bunda harus merawat Si Kecil seharian, akibatnya bunda hanya memiliki sedikit waktu istirahat. Selama proses menyusui, bunda akan kehilangan banyak energi, apalagi jika ASI sedang tidak lancar.

Dengan meminum susu kedelai, energi bunda yang sudah terbuang bisa dikembalikan. Karena kandungan karbohidrat dan lemak dalam susu kedelai, bisa diolah tubuh, sehingga menghasilkan energi untuk tubuh bunda yang sedang menyusui.

  • ASI Booster

Tahukah bunda jika susu kedelai sudah lama dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI. Kemungkinan karena kandungan vitamin B6 di dalamnya, yang bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati. Jika suasana hati bunda sudah membaik, maka produksi hormon oksitosin akan melimpah saat menyusui. 

Perlu diketahui bunda, kehadiran hormon oksitosin berperan untuk meningkatkan perasaan kasih sayang, senang, dan bahagia. Selain itu, hormon ini mampu memicu ASI keluar dengan deras. 

Manfaat lainya dari vitamin B6 adalah kandungan zat besi yang berperan mencegah anemia atau kekurangan darah pada bunda yang sedang menyusui. Anemia adalah penyebab umum turunnya pasokan ASI pada bunda yang baru melahirkan.

  • Baik untuk Pencernaan

Kandungan serat dalam susu kedelai baik untuk sistem pencernaan, sehingga membantu buang air besar jadi lebih lancar. Hal ini sangat penting, terutama jika bunda yang memiliki luka jahitan pasca persalinan. 

Hanya saja, beberapa orang bisa mengalami perut kembung dan diare setelah minum susu kedelai. Jika bunda tidak memiliki alergi atau sensitif terhadap kacang kedelai, susu ini aman dikonsumsi.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beberapa mineral penting terkandung di dalam susu kedelai, salah satunya adalah zinc. Kandungan zinc dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Terutama ketika bunda sering begadang dan kurang tidur karena harus menyusui Si Kecil. 

Bagi bunda yang tengah menyusui sebaiknya bunda fokus kepada makanan yang sehat, karena makanan ini nantinya juga sangat berperan pada peningkatan produksi ASI. Baiknya bunda pilih makanan yang kaya akan protein, seperti daging tanpa lemak, telur, susu, kacang-kacangan serta makanan laut yang rendah akan merkuri. Tak hanya itu, bunda juga bisa memasukan beragam biji-bijian, buah-buahan, dan juga sayuran.