Beranda Keluarga 4 Vitamin Untuk Kulit Lebih Sehat

4 Vitamin Untuk Kulit Lebih Sehat

Semua orang menginginkan kulit yang sehat, tapi apakah bunda tahu bagaimana cara mendapatkan kulit yang sehat? Untuk tahu jawabanya, berikut ini ulasan yang bisa bunda baca.

Vitamin yang Dibutuhkan Kulit

Pastikan bunda dan keluarga mendapatkan cukup vitamin, sehingga dapat menjaga kulit terlihat lebih sehat dan juga awet muda. Vitamin sendiri dapat mencegah noda hitam, kemerahan, keriput, tekstur kasar, dan kekeringan.

Vitamin kulit seperti esensial tersedia dalam bentuk suplemen, tapi juga dapat ditemukan dalam produk perawatan kulit. Pastikan produk perawatan kulit dan makanan yang dikonsumsi mengandung vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan kulit:

Vitamin D

Siapa yang tak tahu kalau bermandikan sinar matahari selama 10 menit di pagi hari sangat bermanfaat. Kulit akan menyerap sinar matahari, dan membuat kolesterol diubah menjadi vitamin D. Vitamin D diambil oleh hati dan ginjal dan diedarkan ke seluruh tubuh untuk membantu menciptakan sel-sel yang sehat. Vitamin D berperan penting dalam warna kulit bahkan mampu mengobati gangguan psoriasis.

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan asupan vitamin D:

  • Terkena paparan sinar matahari selama 10 menit sehari.
  • Makan-makanan yang diperkaya oleh vitamin, seperti sereal sarapan, jus jeruk, dan yogurt.
  • Mengonsumsi makanan yang memiliki vitamin D secara alami, seperti salmon, tuna, dan cod.
  • Membeli suplemen vitamin D. 

Vitamin C

Vitamin C dapat ditemukan pada tingkat tinggi di epidermis atau lapisan luar kulit dan juga pada dermis atau lapisan dalam kulit. Vitamin C bersifat melawan kanker (antioksidan), dan berperan dalam produksi kolagen serta membantu menjaga kesehatan kulit. Inilah sebabnya, vitamin C adalah salah satu bahan utama yang banyak ditemukan dalam banyak produk perawatan kulit anti-aging.

Vitamin E

Sama seperti vitamin C, vitamin E juga antioksidan. Fungsi utamanya dalam perawatan kulit adalah melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin E menyerap sinar UV yang berbahaya dari matahari saat dioleskan ke kulit. Vitamin E juga memiliki kemampuan untuk meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Kondisi ini dapat membantu mencegah bintik hitam dan kerutan.  

Tahukah bunda jika vitamin E bukan hanya bisa dijumpai dalam bentuk oral atau suplemen, tetapi tubuh bunda juga memproduksi vitamin E loh. Biasanya tubuh memproduksi vitamin E melalui sebum dan zat berminyak yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Dalam keseimbangan yang tepat, sebum membantu menjaga kulit tetap terkondisi dan mencegah kekeringan. Jika bunda atau anggota keluarga yang memiliki kulit yang sangat kering, vitamin E dapat membantu mengatasi kekurangan sebum. Vitamin E juga membantu dalam pengobatan peradangan kulit.

Vitamin K

Selain vitamin D,C, dan E, vitamin K juga sama pentingnya untuk kulit. Vitamin K memiliki peran dalam membantu proses pembekuan darah, vitamin K membantu tubuh menyembuhkan luka, memar, dan area yang terkena operasi. Fungsi dasar dari vitamin K juga dianggap membantu kondisi kulit tertentu, seperti stretch mark, pembuluh darah yang terlihat, mengatasi noda hitam, dan lingkaran hitam di bawah mata.