Beranda Keluarga Cara Atasi Demam Anak Saat Liburan Keluarga

Cara Atasi Demam Anak Saat Liburan Keluarga

Berlibur bersama keluarga merupakan momen yang pasti bunda dan keluarga tunggu-tunggu. Banyaknya persiapan yang telah dilakukan, mulai dari memilih tempat menginap, destinasi wisata, akomodasi serta memilih tanggal cuti. Tetapi hujan bisa saja datang saat langit sedang cerahkan bunda. Maksudnya saat semua persiapan sudah dilakukan dengan matang, salah satu anak bunda mendadak demam.

Lalu apa yang harus bunda lakukan? Apakah membatalkan liburan? Atau menjadwalkan ulang liburan keluarga ini? atau pulang ditengah-tengah liburan yang sedang berlangsung?. Bunda tidak perlu khawatir karena kami punya tips dan triknya untuk mengatasi demam anak saat liburan keluarga, di simak yuk bun.

Tips dan Trik Mengatasi Demam saat Berlibur

Periksa Suhu Tubuh. Jika bunda merasakan suhu tubuh anak terasa hangat, segeralah untuk mengukur suhu tubuh Si kecil dengan termometer. Bunda tidak bisa mengandalkan pengukuran suhu dengan tangan ya bunda. Sehingga pastikan untuk selalu membawa termometer selama bepergian atau berlibur bersama keluarga.

Pakaikan Baju yang Nyaman. Saat Si kecil demam, bunda perlu memberikan anak pakaian yang nyaman untuk digunakan. Bunda tidak bisa memaksa Si kecil untuk mengenakan jaket tebal atau selimut, karena hal tersebut bisa menghambat panas keluar dari tubuh Si kecil. 

Pastikan Si Kecil untuk Minum. Ketika demam, Si kecil dengan mudah untuk mengalami dehidrasi. Sehingga bunda perlu memiliki stok air mineral untuk Si kecil. Bukan hanya lewat air mineral Si kecil terdehidrasi, tetapi saat bunda memberikanya sup ayam, buah semangka, jeruk, atau jus buah lainya untuk mengganti carian yang hilang.

Pastikan Istirahatnya Cukup. Saat demam Si kecil datang saat liburan, maka bunda bisa membuat aktivitas lebih santai, jangan memaksakan anak untuk mengikuti aktifitas yang berat. Atau bunda dan Si kecil bisa beristirahat di penginapan, dengan tidak memaksakan untuk keluar, agar proses pemulihan demam anak bisa berlangsung lebih cepat.