Beranda Keluarga 5 Kegiatan Seru Dengan Anak Saat Puasa

5 Kegiatan Seru Dengan Anak Saat Puasa

Menjalani ibadah puasa memang sedikit melelahkan bagi anak-anak, tak jarang mereka suka mengeluhkan rasa lapar dan haus saat siang hari. Bunda, banyak cara untuk mengalihkan rasa lapar Si kecil dengan melakukan kegiatan seru bersama anak-anak. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan bersama dengan anak saat menjalankan ibadah puasa!

Kegiatan Bermanfaat Bersama Anak saat Puasa

Ada banyak cara yang bisa bunda lakukan bersama anak-anak sembari menunggu waktu berbuka. Beberapa kegiatan seru dan bermanfaat yang dapat bunda lakukan bersama dengan anak-anak sekaligus mengasah kreativitas dan otaknya. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa bunda lakukan:

  • Mengaji Bersama

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak untuk menghabiskan waktu hingga berbuka puasa adalah dengan mengaji bersama. Bukan hanya membuatnya lebih lancar membaca ayat-ayat suci tersebut, pahala tentu juga akan bertambah. Sehingga, dirinya akan berkembang lebih cepat dibandingkan teman-temannya dalam hal membaca ayat Al-Quran.

  • Membaca BukuĀ 

Semua orang tahu apabila buku adalah pintu dari ilmu pengetahuan. Dengan membiasakan anak membaca buku, maka kepintarannya akan terus bertambah. Kegiatan baik yang dapat dilakukan bersama dengan anak saat puasa ini dapat menjadi kebiasaan baik yang terbawa hingga besar. Pada akhirnya, dirinya tumbuh menjadi seseorang yang terus belajar tentang sesuatu yang tidak diketahuinya.

  • Mewarnai

Cara lainya bisa bunda lakukan adalah mengajak anak-anak untuk mengenal warna dengan mewarnai benda. Kegiatan mewarnai bisa dilakukan untuk balita hingga yang lebih tua. Tak hanya untuk menghabiskan waktu dengan anak, tapi dari kegiatan ini anak-anak dapat meningkatkan kreativitasnya terkait dengan gambar dan warna.

  • Memasak

Memasak juga termasuk salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu dengan anak saat puasa. Bunda bisa meminta bantuan anak-anak saat memasak hidangan berbuka puasa dan memperkenalkan apa saja bahan makanan yang digunakan saat memasak. Dengan memperkenalkan semua bahan-bahan dan cara memasak, dirinya akan mendapatkan pengetahuan baru terkait hal tersebut.

  • Berolahraga

Saat berpuasa bukan berarti tidak bisa melakukan olahraga. Dengan melakukan olahraga bersama dengan anak, momen-momen menyenangkan akan terjadi dan rasa lapar yang timbul dapat dilupakan. Selain itu, hal ini juga dapat membuat anak menjadi lebih sehat.

Itulah beberapa kegiatan yang baik untuk dilakukan bersama dengan anak-anak saat puasa untuk menunggu waktunya berbuka. Dengan melakukan hal tersebut, diharapkan dirinya dapat mempelajari suatu hal yang baru dan membuatnya menjadi seseorang yang lebih cerdas.