Beranda Anak 5 Tips Ajarkan Anak Puasa Untuk Pertama Kali

5 Tips Ajarkan Anak Puasa Untuk Pertama Kali

Bulan suci Ramadhan telah tiba bunda, tanda bagi umat muslim  diseluruh dunia untuk menjalankan ibadah puasa, sesuai dengan perintah agama. Mungkin bagi orang-orang yang sudah besar puasa adalah hal yang biasa, tapi tidak untuk anak-anak yang baru pertama kali belajar berpuasa.

Walau kegiatan berpuasa tidak wajib bagi anak-anak, tapi penting bagi bunda untuk mengajarkan Si kecil untuk pertama kalinya membentuk kebiasaan yang baik ini. sehingga nantinya Si kecil dapat terbiasa dengan ibadah puasa setiap tahunnya. Lantas, gimana sih cara untuk mengajar Si kecil ikut berpuasa untuk pertama kalinya? Bunda bisa simak ulasan berikut ini. 

Mengajarkan Anak Puasa Ramadhan

Ada beberapa cara yang bisa bunda dan ayah terapkan, untuk mengajari Si kecil ikut berpuasa, diantaranya:

  • Menjadi Contoh 

Sebagai orang tua, ayah dan bunda sudah pasti menjadi salah satu role model bagi anak-anaknya. Jadi berikan contoh yang baik, dengan begitu Si kecil tidak akan ragu untuk mempratikkannya. Karena anak-anak adalah peniru yang baik jadi jangan ragu untuk memberikan contoh terbaik bunda dan ayah di pengalaman pertamanya berpuasa.

  • Menjadi Sumber Semua Informasi Tentang Puasa

Selain menjadi role model, ayah dan bunda sudah pasti menjadi sumber informasi pertama bagi Si kecil. Bunda dan ayah tidak perlu ragu untuk memberikan informasi dan penjelasan tentang berpuasa. Bunda bisa memberikan buku-buku cerita tentang kisah-kisah keagamaan yang menarik untuknya. Lalu bunda bisa ingatkan Si kecil untuk berhati-hati tentang bagaimana mereka menghabiskan energinya. Jadi, saat puasa energi akan lebih mudah untuk terkuras dan lebih rentan untuk lemas. Ingatkan Si kecil, untuk tidak terlalu aktif dan beralihlah ke hal-hal lain yang lebih bermanfaat.

  • Pastikan Tidak Memaksakan Si Kecil Berpuasa

Saat anak-anak mempelajari hal baru dalam hidupnya, jangan ada paksaan di dalam prosesnya ya bunda. Bunda tidak bisa memaksa waktu berpuasa Si kecil sama dengan orang dewasa. Dimasa-masa awal berpuasa, pilih jam tertentu di dalam sehari, Si kecil dapat berpuasa. Misalnya, minta Si kecil berpuasa hingga siang dan kemudian melanjutkannya kembali setelahnya.

Jika Si kecil sudah mulai terbiasa, bunda bisa menggeser waktu berbuka ke waktu normal, yaitu saat adzan maghrib. Jangan lupa untuk menyajikan makanan bergizi dan seimbang selama sahur dan berbusa. Bunda juga bisa menambahkan suplemen makanan untuk menjaga kesehatan anggota keluarga.

  • Minta Si Kecil Untuk Tidak Makan-Makanan Tertentu

Tahap selanjutnya saat Si kecil sudah terbiasa untuk berpuasa, coba minta Si kecil, untuk menghindari makanan yang biasa dimakannya sebelum berpuasa. Misalnya, Si kecil suka dengan makanan ringan, bunda bisa mencoba untuk minta mereka, tidak memakannya selama jam puasa. Mengajarkan hal ini ketika anak berpuasa dapat membantu menghilangkan kebiasaan buruk dalam pola konsumsi Si kecil. Selain itu, dengan hal ini mereka juga akan terlatih untuk menghargai makanan.

Tidak ada salahnya memberikan mereka penghargaan setelah ikut berpuasa selama bulan Ramadhan. Terlepas dari berapa jam anak sudah puasa atau berapa hari Si kecil sanggup puasa, sebaiknya beri mereka penghargaan sebagai bentuk apresiasi. Denagn begitu anak-anak menjadi semangat saat melakukan puasa di tahun selanjutnya.

Itulah beberapa cara untuk mengajari anak-anak berpuasa. Jangan lupa untuk selalu memastikan asupan gizi terpenuhi selama berpuasa, ya bunda! Selamat mencoba.