Beranda Anak 5 Tips Jaga Kesehatan Anak Yang Ikut Puasa

5 Tips Jaga Kesehatan Anak Yang Ikut Puasa

Tidak ada salahnya untuk membiasakan Si kecil untuk berpuasa, saat Si kecil sudah terbiasa berpuasa sejak dini maka ia akan lebih mudah melaluinya di kemudian hari. Bagi Si kecil yang telah ikut menjalankan ibadah puasa, bunda perlu menjaga kesehatan nya. Berikut tips yang bisa bunda lakukan untuk menjaga kesehatan Si kecil selama berpuasa.

Tips Menjaga Kesehatan Anak

Menjaga kesehatan selama berpuasa menjadi hal yang perlu bunda lakukan, terlebih dimasa pandemi seperti ini, bunda perlu melakukan beberapa hal untuk menjaga kesehatannya, seperti:

  • Pastikan Kebutuhan Nutrisi

Si kecil akan lebih mudah lemas ketimbang orang dewasa saat menjalani puasa. Jadi bunda dianjurkan untuk memenuhi asupan nutrisinya secara optimal agar Si kecil bisa semangat beraktivitas. 

Apakah bunda tahu jika Si kecil membutuhkan kalori harian sekitar 1200-1600, tetapi jumlah kalori ini tergantung dengan jenis aktivitasnya dan kegiatan Si kecil. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan protein dan vitaminnya, serta lengkapi pula Si kecil dengan sayuran dan buah- buahan untuk meningkatkan imunitas Si kecil selama berpuasa.

  • Kebutuhan Cairan yang Terpenuhi

Si kecil bisa mengalami dehidrasi akibat tidak minum selama berjam-jam. Karena itu, bunda perlu memenuhi kebutuhan cairan setiap hari. Bunda bisa memberikan Si kecil air mineral minimal dua gelas setelah berbuka puasa dan juga sebelum tidur dan dua kelas lagi saat sahur nanti. Bunda juga bisa menyajikan makanan berkuah seperti sup untuk menambah asupan cairan.

  • Pembatasan Makanan

Munculnya beraneka ragam, makanan lezat saat bulan puasa yang pastinya menggugah selera. Namun, dari banyaknya variasi makanan yang ada belum tentu semua baik untuk dikonsumsi Si kecil, seperti makanan pedas atau minuman bersoda, dua hal tersebut bisa membuat anak sakit maag.

Bunda bisa batasi konsumsi makanan yang terlalu asin dan mengandung bumbu penyedap rasa yang tinggi, karena dapat meningkatkan rasa haus pada Si kecil. Hindari juga makanan cepat saji, goreng-gorengan, dan yang terbuat dari tepung olahan.

  • Mendapatkan Istirahat yang Cukup

Bukan hanya mengubah waktu makan, tetapi saat berpuasa waktu tidur pun juga menjadi berubah. Mungkin biasanya bunda dan keluarga akan bangun sekitar jam lima atau enam pagi, tetapi saat berpuasa waktu bangun jam tiga pagi untuk sahur. Bunda bisa pastikan, anak tidur lebih awal saat puasa agar ia tidak terlalu mengantuk saat bangun sahur dan sekolah nantinya. Biarkan juga Si Kecil tidur sejenak setelah sahur.

Walaupun saat puasa, anak tetap butuh delapan jam untuk tidur dalam sehari, bila perlu, bunda bisa minta anak untuk tidur siang untuk menjaga staminanya dan memberinya tambahan kekuatan untuk meneruskan puasanya hingga Magrib.

  • Mengatur Pola Makan

Saat waktu berbuka telah tiba, buat anak untuk membatalkannya dengan memakan makanan yang manis seperti buah kurma, tapi dengan porsi yang tepat ya bunda, agar kurangnya glukosa saat puasa bisa kembali terpenuhi. Setelah itu, barulah Si Kecil bisa menyantap makanan berat. Pastikan Si Kecil juga tidak kalap saat berbuka puasa.

Nah, itulah lima tips yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kesehatan anak saat puasa.