Beranda Anak 6 Tips Supaya Anak Tidak Pilih-pilih Makanan

6 Tips Supaya Anak Tidak Pilih-pilih Makanan

Apa Si kecil hanya mau makan makanan yang mereka suka? Atau apa Si kecil juga suka menyisakan sayuran di piring mereka? lalu apakah ada trik agar Si kecil tidak pilih-pilih makanan? Jika Bunda sedang mengalami kesulitan dalam menghadapi Si Kecil yang suka pilih-pilih makanan. 

Bunda tidak perlu khawatir, karena berikut ini  beberapa tips yang bisa dilakukan, supaya anak nggak pilih-pilih makanan :

  1. Perkenalkan Berbagai Macam Makanan

Memperkenalkan Si kecil dengan berbagai macam jenis makanan yang ada, merupakan salah satu cara yang dapat bunda lakukan. Dengan begitu, Si kecil dapat mengenal banyaknya pilihan makanan yang dapat menjadi menu makanannya nanti. Namun ada yang perlu bunda ketahui, yaitu hindari pemberian makanan yang sama secara berulang untung menghindari rasa bosan Si kecil.

  1. Jangan Menyerah dengan Reaksi Si Kecil

Jika Bunda telah menyiapkan makanan untuk Si kecil, tetapi ia tidak ingin memakannya? Bunda tidak perlu khawatir atau merasa kesal, mungkin hal ini karena Si kecil belum pernah mencoba makanan tersebut. Lalu apa yang perlu bunda lakukan untuk hal tersebut adalah bunda dapat memberikan Si kecil waktu untuk mengenal dan mencoba makanan yang telah disajikan. Selain itu Bunda juga bisa kembali mengenalkan makan tersebut saat ia lapar, apakah Bunda tahu, jika beberapa anak akan jauh lebih fokus untuk mengisi perutnya yang lapar ketimbang memberikan komentar tentang apa yang sedang ia makan.

  1. Libatkan Si Kecil di Dapur

Hal lain yang dapat Bunda lakukan adalah melibatkan Si kecil dalam menyajikan makanan di dapur, hal ini dapat membuat mereka lebih antusias saat menikmati makanan nya nanti.

  1. Sajikan dengan Menarik

Tampilan makanan yang menarik merupakan salah satu pemicu Si kecil ingin mencicipi sebuah makan. Bunda bisa memulainya dengan menghias makanan Si kecil dengan bentuk menarik seperti bentuk wajah hewan maupun bunga, atau membuat varian baru untuk Si kecil. Misalnya jika ia tidak suka memakan sayur, maka Bunda dapat menyembunyikan sayuran tersebut kedalam gorengan atau menu lainya yang ia suka

  1. Sediakan Camilan Sehat

Camilan merupakan salah satu hal yang menjadi kegemaran Si kecil, dan terkadang mereka lebih memilih makan cemilan ketimbang menu utama yang akan bunda sajikan untuk mereka. Ketika bunda merasa khawatir tentang bahan-bahan yang menjadi kandungan camilan tersebut, bunda dapat mencoba untuk membuat camilan sehat di rumah. Bunda dapat mencoba untuk membuat kue puding buah, buah-buahan kering dan camilan sehat lainya.

  1. Beri Contoh yang Baik

Anak-anak merupakan salah satu peniru ulung orang tuanya, sehingga ayah dan Bunda dapat memberikan contoh yang baik kepada Si kecil tentang berbagai macam makanan sehat yang ada. Bunda dapat menyajikan berbagai ragam menu yang berbeda tiap harinya agar keluarga dan Si kecil dapat menikmati nutrisi dan manfaat yang beragam dari berbagai jenis makanan yang ada.