Beranda Keluarga 8 Manfaat Blueberry Untuk Tubuh

8 Manfaat Blueberry Untuk Tubuh

Bukan hanya enak untuk dimakan, tetapi blueberry juga memiliki sejuta manfaat loh bunda. Mulai dari rendah kalori, padat akan nutrisi, vitamin C, vitamin K, mangan dan lainnya. Yuk simak ulasan berikut ini untuk lebih lengkapnya. 

Manfaat Blueberry untuk Kesehatan

Ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi blueberry. Apa sajakah itu? berikut informasi lengkapnya:

  • Anti Peradangan¬†

Blueberry mengandung antioksidan tertinggi di antara buah dan sayuran yang biasa dikonsumsi. Sehingga blueberry dapat memberikan perlindungan dari peradangan. Blueberry mengandung fitokimia seperti asam ellagic dan anthocyanidins. Fitokimia Fitokimia dalam blueberry memiliki sifat pelindung yang membantu tubuh memerangi banyak penyakit.

  • Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Tak hanya itu, dalam buah blueberry  juga ditemukan anthocyanidins, dimana anthocyanidins dapat mendukung sistem kardiovaskular. Blueberry juga dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi kekakuan arteri yang berhubungan dengan penuaan.

  • Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

Blueberry rendah gula dan sumber serat yang baik, sehingga blueberry memiliki Indeks Glikemik (GI) yang rendah. Selain itu, blueberry juga memiliki kandungan flavonoid yang tinggi. Kombinasi inilah yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang penting untuk mengelola kadar gula darah.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah blueberry secara teratur dalam pola makan dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan mencegah degenerasi makula terkait usia. Hal ini diduga berkat peningkatan aliran darah dan oksigen ke mata dan perlindungan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kemungkinan katarak dan degenerasi makula.

  • Melindungi Kolesterol Dalam Darah

Kerusakan oksidatif tidak terbatas pada sel dan DNA tetapi juga juga bermasalah ketika kolesterol LDL teroksidasi. Oksidasi kolesterol LDL adalah langkah penting dalam proses penyakit jantung. Antioksidan dalam blueberry sangat terkait dengan penurunan kadar LDL teroksidasi. Ini membuat blueberry sangat baik untuk kesehatan jantung.

  • Membantu Menjaga Fungsi Otak Dan Meningkatkan Daya Ingat

Stres oksidatif dapat mempercepat proses penuaan otak yang tentunya memiliki dampak negatif pada fungsi otak. Antioksidan dalam blueberry dapat memengaruhi area otak yang penting untuk kecerdasan. Blueberry bermanfaat bagi neuron yang menua, yang mengarah pada peningkatan sinyal-sinyal sel. Para lansia direkomendasikan untuk minum jus blueberry untuk dapat meningkatkan kesehatan kognitif.

  • Membantu Melawan Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah masalah umum yang terjadi pada perempuan. Mengonsumsi jus blueberry dapat membantu mencegah jenis infeksi ini. Blueberry memiliki kandungan anti-perekat yang membantu mencegah bakteri seperti E. coli menempel pada dinding kandung kemih.

  • Mengurangi Kerusakan Otot Setelah Latihan Berat

Olahraga berat dapat menyebabkan nyeri otot dan kelelahan. Kondisi ini disebabkan oleh peradangan lokal dan stres oksidatif di jaringan otot. Suplemen blueberry dapat mengurangi kerusakan yang terjadi pada tingkat molekuler, meminimalkan rasa sakit dan mengurangi kinerja otot.