Beranda Persalinan Amankah Ibu Menyusui Untuk Minum Cefadroxil?

Amankah Ibu Menyusui Untuk Minum Cefadroxil?

Jika bunda terkena infeksi akibat bakteri pada kulit, tenggorokan, amandel, ataupun pada saluran kemih dan bunda dianjurkan minum antibiotik cefadroxil. Tetapi, kondisi bunda saat ini sedang menyusui, timbulah pertanyaan apakah antibiotik cefadroxil aman diminum ibu menyusui? 

Daripada bunda bertanya-tanya, bunda bisa baca selengkapnya di sini!

Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui dengan Ketentuan

Amankah cefadroxil dikonsumsi saat menyusui? Jawabannya adalah aman. Cefadroxil tidak memberikan dampak pada ASI bunda, sehingga tidak memberikan efek buruk pada Si kecil yang sedang disusui. 

Obat-obatan dan suplemen yang bunda konsumsi, bisa masuk ke dalam ASI dalam jumlah yang kecil. Baiknya, bunda perlu bertanya pada dokter atau bidan sebelum mengkonsumsi jenis obat tertentu. 

Berikut ini merupakan panduan untuk bunda yang ingin mengkonsumsi obat dengan aman:

  1. Ada efek pengobatan pada bayi yang menyusui dan belum diketahui. Oleh karena itu, bunda harus memperhatikan setiap obat yang bunda konsumsi dan benar-benar bunda butuhkan. Obat yang bunda konsumsi harus berdosis rendah dan dikonsumsi dalam waktu sesingkat mungkin. 
  2. Jika memungkinkan, bunda bisa meminum obat sekali sehari setelah menyusui.
  3. Bunda perlu memperhatikan, apakah Si kecil menunjukan efek samping, seperti kantuk, lekas marah atau potensi reaksi lain, yang ditunjukan setelah bunda mengkonsumsi obat.
  4. Bunda perlu menghindari pengobatan dalam waktu jangka panjang. Lebih baik melakukan pengobatan dalam waktu jangka pendek.
  5. Bunda juga bisa bertanya pada dokter tentang resiko dan manfaat obat yang diresepkan saat bunda sedang menyusui. 
  6. Saat bunda mengkonsumsi obat lebih dari satu jenis, bunda harus mengikuti anjuran yang telah ditentukan untuk ibu menyusui. Hal ini bertujuan agar bunda terhindar dari dampak pengobatan.

Menyusui merupakan kegiatan yang penting dan terkadang menguras emosi, bahkan membuat bunda lupa untuk merawat diri. Bunda tidak boleh lupa untuk tetap merawat diri dan menjaga kesehatan, termasuk menjaga nutrisi.

Bunda perlu menerapkan pola hidup sehat, mulai dari makan makanan sehat dan seimbang, serta minum banyak cairan agar terdehidrasi. Tak hanya itu, bunda perlu mengkonsumsi sekitar 500 kalori extra tiap harinya dan tetap minum vitamin prenatal yah. Pola hidup sehat lainya adalah tetap berolahraga, agar berat badan bunda tetap stabil. Bunda bisa memberikan ASI sebelum berolahraga agar lebih nyaman.