Beranda Anak Anak Ingin Berpuasa Penuh, Ini Cara Mengajarkannya

Anak Ingin Berpuasa Penuh, Ini Cara Mengajarkannya

Mengajarkan anak untuk berpuasa bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Karena banyak anak kecil yang bertanya pada orang tuanya apa manfaat dari menahan haus dan lapar seharian penuh. Menurut mereka, hal tersebut hanya menimbulkan penyiksaan pada tubuh. Jadi bunda  harus benar-benar sabar untuk mengajarkannya agar anak paham manfaat puasa. Berikut beberapa cara mengajarkan puasa pada anak!

Cara Mengajarkan Anak Puasa Penuh

Saat mengajarkan anak untuk puasa, terutama puasa penuh pasti terbilang sulit untuk dilakukan. Terutama pada anak yang masih terlalu kecil, bunda bisa membiasakan dirinya untuk puasa setengah hari dahulu. Tujuannya agar tidak mengganggu pertumbuhannya, karena yang terpenting adalah memberinya pengertian terlebih dahulu. Dengan begitu, Si kecil tidak merasa terpaksa saat berpuasa. 

Namun, bunda bisa menyuruh anak untuk melakukan puasa penuh pada anak yang cukup besar. Karena puasa penuh wajib dilakukan pada anak yang sudah memasuki usia akil baligh, yaitu usia 10 hingga 12 tahun. Tapi bagaimana jika anak belum mau melakukannya? Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa bunda lakukan agar anak mampu melakukan puasa penuh:

  • Berikan Hadiah Jika Sukses Puasa Seharian

Cara yang ampuh untuk dilakukan saat anak sukses melakukan suatu tantangan adalah memberikan mereka penghargaan. Bunda dapat memberikan syarat untuk hadiah tersebut per hari atau dengan hadiah lebih besar jika sukses melakukannya dalam satu bulan. Tak lupa bunda juga perlu memberikan penjelasan pada anak bunda, bahwa menjalankan puasa pada usianya sudah wajib dilakukan. 

  • Melatih Puasa sebelum Masuk Bulan Ramadhan

Selain itu, bunda bisa mengajarkan anak berpuasa penuh di luar bulan Ramadhan. Bunda bisa membuat jadal puasa pada hari tertentu, agar anak terbiasa melakukannya. Selain itu, bunda bisa mencoba untuk melatih anak agar tidak mengonsumsi makanan tertentu. Dengan menghindari makanan yang tidak sehat, bunda dapat mengubah pola makannya menjadi lebih sehat. 

  • Pastikan Anak Makan Sahur

Dan cara  yang terakhir, untuk melatih anak berpuasa penuh dengan melakukan sahur dan mengkonsumsi makanan sehat. Dengan begitu, anak akan lebih kuat untuk melakukan aktivitas, bahkan saat puasa. Selain itu, bunda dapat membuat anak tidak mempunyai alasan untuk membatalkan puasanya karena rasa lapar. Sehingga, dirinya akan terus berusaha menahan haus dan lapar hingga waktu berbuka tiba.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh bunda terapkan, agar anak belajar puasa secara penuh. Bunda juga harus pastikan kalau makanan yang dikonsumsinya benar-benar dapat memenuhi gizinya sehari-hari.