Beranda Keluarga Anak Muda Bisa Terkena Batu Ginjal? Ini Penyebabnya

Anak Muda Bisa Terkena Batu Ginjal? Ini Penyebabnya

Penyakit tidak mengenal usia, baik anak-anak muda, dewasa, dan atau orang tua sekalipun. Baik penyakit yang mudah untuk ditangani atau penyakit yang terbilang parah, seperti penyakit batu ginjal yang juga bisa dialami oleh anak. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya dengan menghindari segala penyebabnya. Bunda bisa simak ulasan berikut ini untuk memahami berbagai penyebab terjadinya batu ginjal pada anak.

Penyebab Batu Ginjal pada Anak Muda

Gangguan pada ginjal ini terjadi saat mineral dan zat lainya yang biasa ditemukan dalam urine bergabung bersama dan membentuk batu didalam saluran kemih. Hal ini terjadi, saat tidak cukup zat yang berguna untuk membantu tubuh menghentikan pembentukan batu.

Ada banyak jenis batu ginjal yang rentan untuk terjadi pada anak muda, akan tetapi yang paling umum adalah batu kalsium oksalat dan kalsium fosfat. Pada kasus yang lebih jarang, batu pada ginjal dapat terbentuk dari asam urat, asam amino yang disebut sistin, atau mineral struvite.

Tetapi, apa saja ya penyebab batu ginjal pada anak muda? Berikut beberapa penyebabnya, yaitu: 

  • Faktor Genetik

Salah satu penyebab batu ginjal pada anak muda adalah faktor genetik. Penyakit yang diturunkan berisiko jika tidak menerapkan pola hidup sehat. Meski begitu, hanya 5% anak yang mengidap batu ginjal akan mengalami kelainan genetik. Jika ayah atau bunda memiliki gangguan pada ginjal, ada baiknya rutin memeriksakan anak terkait kesehatan ginjal.

  • Konsumsi Garam¬†

Jika anak bunda memiliki kesukaan makanan asin, yang kaya akan garam. Sebaiknya bunda menyadari bahwa terlalu sering mengkonsumsi makanan asin dapat menjadi penyebab batu ginjal. Setiap garam yang dikonsumsi akan diserap oleh tubuh dan masuk ke dalam urine. Faktanya, garam dapat menyeret kalsium ke dalam urine dan terlalu banyak zat tersebut dapat menyebabkan pembentukan endapan keras.

  • Dehidrasi

Seseorang yang mengalami dehidrasi parah juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya batu ginjal. Jadi pastikan anak-anak bunda mengkonsumsi air mineral yang cukup. Apalagi saat anak bunda memiliki banyak aktivitas fisik.

Nah, itulah beberapa penyebab batu ginjal pada anak muda yang perlu bunda ketahui. Dengan mengetahui hal ini, bunda dapat memberikan penjelasan pada anak tentang bahaya dari batu ginjal dan cara pencegahannya agar segala penyebabnya dapat diatasi. Kesehatan ginjal pada anak tentu penting untuk memastikan aktivitas hariannya tidak terganggu.