Beranda Anak Anak Puasa Pertama Kali, Berikan Semangat Dengan Hal Ini

Anak Puasa Pertama Kali, Berikan Semangat Dengan Hal Ini

Ada banyak drama yang akan bunda lalui saat mengajarkan Si kecil untuk berpuasa. Kebiasaan baru ini mungkin akan sulit untuk mereka jalani, apalagi anak-anak cenderung belum sepenuhnya mampu menahan nafsu makan dan minumnya. Lalu bagaimana cara menghindari drama Si kecil yang baru pertama kali berpuasa? Bunda bisa simak ulasanya berikut ini. 

Cara Menyemangati Si Kecil yang Puasa Pertama Kali

Peran bunda dan ayah sangat dibutuhkan untuk mendukung Si kecil yang baru pertama kalinya berpuasa. Bunda tak perlu bingung, karena berikut ini tips yang dapat membantu anak bunda yang baru puasa pertama kali, yaitu:

  • Membuat Menu Favorit Anak untuk Sahur

Agar Si Kecil semangat mengawali puasa pertamanya, bunda bisa membuatkan menu favoritnya saat santap sahur. Atau sebelum tidur, bunda bisa menanyakannya, santapan apa yang ingin ia santap nanti. bunda bisa membuat sedikit memodifikasi makanan favoritnya menjadi lebih menarik ketika dihidangkan. Selain tampilan yang menarik, pastikan pula makanannya mengandung gizi seimbang ya bunda. 

  • Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Sambil menunggu waktu berbuka, bunda bisa mengajak Si kecil untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan. Dengan begitu Si kecil bisa lupa sejenak dengan rasa laparnya. Tapi hal yang perlu bunda ingat, jangan sampai kegiatan yang dilakukan menguras energinya dan membuat Si kecil menjadi kelelahan atau lemas. Bunda bisa mencoba menemani anak membaca beberapa buku cerita, memasak menu buka puasa bersama atau mengajaknya membeli takjil sambil ngabuburit.

  • Buat Menu Berbuka yang Menarik

Menarik perhatian Si kecil bukan hanya dari makanan saat sahur. Bunda juga bisa menyajikan makanan berbuka yang dinantikan Si kecil agar ia menjadi lebih bersemangat. Sekedar tips untuk bunda, baiknya sajikan makanan dan minuman manis untuk berbuka. Tujuannya, untuk menggantikan energinya yang hilang setelah berbuka. Setelah berbuka dengan menu yang manis, barulah bunda bisa memberikan makanan berat kepada Si Kecil satu atau setidaknya setengah jam kemudian. 

  • Berikan Apresiasi

Kenapa sih memberikan apresiasi perlu dilakukan? Pemberian apresiasi pada Si kecil bisa menjadi motivasi untuknya agar menjalankan puasa di hari-hari berikutnya.

Berpuasa tidak hanya memberikan manfaat dari sudut pandang spiritual, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan Si Kecil. Karena saat berpuasa kita dapat menanamkan kebiasaan makan yang sehat, melancarkan pencernaan, serta mencegah kerusakan gigi dan obesitas pada anak. Jadi, bunda tidak usah khawatir Si Kecil akan sakit saat puasa karena berpuasa dapat bermanfaat untuk kesehatannya.