Beranda Keluarga Apa Sih Pentingnya Makan Bersama Keluarga?

Apa Sih Pentingnya Makan Bersama Keluarga?

Kegiatan makan bersama dengan keluarga ternyata memiliki manfaat penting tersendiri bagi anak. Walau kedengarannya sepele, tetapi kegiatan makan bersama keluarga ini, tanpa disadari memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan psikis anak.

Berikiut manfaat pentingnya makan bersama keluarga bagi seorang anak, diantaranya adalah:

1.Mengajarkan Kebiasaan Makan yang Baik

Momen makan bersama dengan keluarga menjadi salah satu bentuk pembelajaran yang didapatkan Si kecil, dimana pada momen tersebut, ia akan meniru bagaimana tata cara makan yang baik dari tiap anggota keluarga, serta Ayah dan Bunda dapat memberi tahu Si kecil tentang apa yang boleh dan tidak dilakukan saat waktu makan.

2.Meningkatkan Ketertarikan pada Makanan

Kecemasan yang selalu menghampiri setiap orang tua adalah ketika Si kecil mulai memilih-milih makanan. Si kecil merasa tidak tertarik dengan makanan yang disajikan, lalu bagaimana cara membuat Si kecil menjadi tertarik?. Dengan kegiatan makan bersama anggota keluarga si kecil akan melihat bahwa tiap anggota keluarga akan mengambil makanan mereka dan memakannya secara lahap tanpa memilih makanan, hal tersebut dapat membuat Si kecil tertarik dan mencoba makanan tersebut.

3.Membangun Kedekatan dengan Orangtua

Membangun komunikasi antara orang tua dan anak menjadi salah satu jembatan yang baik untuk membuat anak lebih terbuka dan percaya diri untuk bercerita atau memberikan pendapat. Ketika waktu makan bersama cobala membentuk obrolan yang santai antara orang tua dan anak, seperti bertanya, “Bagaimana harimu?” “Apakah ada hal seru yang terjadi hari ini?” dan lainya. Melalui kegiatan ini orang tua, dapat memahami tentang anak-anak mereka

4.Menurunkan Risiko Gangguan Makan pada Anak

Dengan melakukan pembiasaan makan bersama, dapat menurunkan resiko gangguan makan terhadap anak. Dimana, mereka akan terbiasa dengan memakan makanan yang sama dengan anggota keluarga lainya, dan menghindari mereka dari resiko kelebihan berat badan, akibat selalu mencari dan menginginkan makanan cepat saji.

5.Tumbuh Kembang Anak Optimal

Melalui kegiatan makan bersama dengan keluarga, Bunda dapat memantau nutrisi yang dikonsumsi semua anggota keluarga, terutama Si kecil yang sedang membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Penyajian makanan rumah ini pun juga terjamin, karena lebih sehat, bersih dan gizinya yang sudah diperhitungkan, sehingga anak lebih fokus dalam belajar. Dengan demikian, kebiasan makan bersama keluarga dapat berdampak pada tumbuh kembang Si kecil dan prestasinya, yang tentunya diimbangi dengan rutinitas belajar yang baik ya Bunda. 

Sekian lima manfaat penting bagi anak ketika mereka melakukan makan bersama dengan keluarga. Jadi, Bunda dapat memulai melakukan kebiasaan ini untuk mengajak anak makan bersama anggota keluarga. Dengan begitu kedekatan antara anggota keluarga lainya dapat terbangun dengan kuat.