Beranda Anak Bagaimana Cara Mengenalkan Buah dan Sayur Pada Si Kecil ?

Bagaimana Cara Mengenalkan Buah dan Sayur Pada Si Kecil ?

Buah dan sayur merupakan sumber serat alami yang dibutuhkan oleh tubuh, selain kandungan serat di dalamnya, Buah dan sayur juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. 

Namun tahukah Bunda, banyak sekali anak yang tidak menggemari makanan ini, perlu sekali Bunda mengenalkannya sejak dini dan terus menerus berusaha mengenalkannya meski anak menolak pada pemberian pertama, kedua dan ketiga. 

Kapan mengenalkan anak buah dan sayur ?

Memperkenalkan anak dengan sayuran dan buah bisa mulai dilakukan ketika anak mulai menerima makanan padat pertamanya, sekitar usia 6 bulan. Jangan menunda memberikan sayuran pada anak saat usia ini.

Bahkan, ada yang bilang jika Bunda mulai bisa mengenalkan sayuran pada anak sejak anak masih menyusu ASI. Rasa makanan yang Bunda makan bisa dirasakan bayi melalui ASI.

Jadi, makanlah banyak sayur saat Bunda masih menyusui bayi, dengan begitu bayi akan lebih familiar dengan rasa sayur ketika sudah mulai makan makanan padat. Bunda bisa menambahkan berbagai macam sayuran ke dalam bubur anak pada saat ia menginjak usia 6 bulan, dan memberikan buah halus pada selingan makannya. 

Bagaimana cara mengenalkan sayuran pada anak?

Mengenalkan dan membiasakan anak agar makan buah dan sayur memang tidak mudah. Terutama rasa sayur yang rasanya sedikit pahit dan hambar, membuat anak-anak menolak memakannya. Namun ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan agar si kecil semakin mengenal sayur dan akhirnya mau memakannya.

  1. Tak perlu disuapi, biarkan anak makan sendiri

Biarkan anak mengambil sendiri sayuran dengan tangannya. Hal ini dapat membantu anak mengenali tekstur sayuran. Bunda bisa memotong sayuran kecil-kecil sehingga dapat digenggam anak dan memberikannya ke anak sebagai camilan.

  1. Pilih sayur dengan rasa yang manis

Cobalah mulai memberikan sayuran dengan rasa yang manis atau ringan, seperti labu atau wortel, sehingga anak bisa menerima rasa sayur dengan lebih mudah.

Jika anak sudah bisa menerima satu jenis sayuran, tambahkan jenis sayuran baru ke dalam menu anak. Pilihlah sayuran dengan rasa, tekstur, bentuk, dan warna yang berbeda. Dengan begitu, anak mengenali berbagai jenis sayuran, tidak hanya satu atau dua jenis saja.

  1. Terus berikan jenis sayuran baru ke anak

Jangan berpuas diri jika si kecil hanya menyukai beberapa jenis sayuran saja. Ada banyak jenis sayuran dengan kandungan vitamin dan mineral yang berbeda-beda, sehingga anak perlu makan berbagai jenis sayuran yang banyak.

Pertahankan kebiasaan memberikan anak berbagai macam sayuran sampai anak tumbuh besar. Jika anak menolak makan sayuran tertentu, teruslah coba untuk memberikannya lagi dan lagi.

Anak biasanya perlu mencoba sekitar 10 kali untuk bisa menerima makanan baru dan lebih dari 10 kali untuk memutuskan bahwa mereka menyukainya. Jadi, teruslah coba memberikan sayuran ke anak.

  1. Kreasikan menu makan si kecil

Bunda bisa mengkombinasikan sayuran dengan ayam, daging, sosis, bakso, jamur, kentang, dan lainnya dalam menu sayuran yang Bunda buat, sehingga anak tertarik mencobanya. Atau, Bunda juga bisa menyelipkan sayuran dalam roti, pizza, mie, pasta, bahkan jus sekali pun.

Agar rasa sayuran disenangi anak, Bunda mungkin bisa mencoba untuk memanggang sayuran dengan bumbu rempah dibandingkan hanya mengukus sayuran.

  1. Kreasikan buah sebagai makanan camilan lezat

Selain sayur tentu Bunda juga perlu mengenalkan si kecil dengan buah, Bunda dapat memberikannya dalam bentuk halus namun tidak cair, atau bentuk juz yang dingin serta di buat makanan cemilan yang lezat seperti puding buah, cake buah dll. 

Tips agar anak yang sudah besar dan memilih makanan dapat suka makan buah dan sayur. 

Mengenalkan buah dan sayur pada anak usia 6 bulan – 2 tahun memang tidak begitu menegangkan karena mereka belum mengenali rasa selain rasa makanan yang diberikan pada orang tuanya. Lalu bagaimana jika anak-anak yang telah mengenal makanan lain dan memilih makannya sendiri? 

Berikut beberapa acuan yang dapat Bunda lakukan untuk membuat anak menyukai buah dan sayur, diantaranya : 

  1. Ajak berbelanja bersama

Jika selama ini Bunda hanya mengajari Si Kecil tentang nama-nama buah dan sayur lewat gambar, cobalah untuk meningkatkan minatnya dengan memperlihatkan buah dan sayur yang asli. Caranya, ajak Si Kecil saat Bunda berbelanja ke pasar atau supermarket.

Di sana, perkenalkan beragam buah dan sayur kepadanya. Minta Si Kecil untuk memegangnya langsung sambil mengingat nama-namanya, kemudian berikan penjelasan bahwa dengan rajin makan buah dan sayur tersebut, ia akan cepat tumbuh besar, kuat, dan sehat.

Dengan meningkatkan minat Si Kecil terhadap sayur dan buah, Bunda sudah satu langkah lebih dekat pada tujuan, yaitu membuatnya gemar makan sayur dan buah.

  1. Jangan memaksanya

Mengajarkan Si Kecil agar suka makan sayur dan buah bukan dengan cara memaksanya ya, Bun. Bila dipaksa, Si Kecil justru bisa tambah membenci sayur dan buah, serta menjadi trauma saat makan.

Oleh karena itu, Bunda harus memperkenalkan buah dan sayur dengan cara yang kreatif, misalnya dengan mengajaknya membuat sup buah, sate buah, atau sandwich dengan sayuran segar.

Buatlah menu makanan yang menarik untuknya. Bila Si Kecil suka pizza, kreasikan pizza dengan aneka sayuran atau buah. Jangan lupa memberitahunya bahwa buah dan sayur yang ada di atas pizza tersebut sangat baik untuk kesehatannya.

  1. Sertakan buah dan sayuran sebagai camilan

Trik lain untuk membuat anak gemar makan sayur dan buah adalah dengan menjadikannya camilan. Di awal-awal, pilihlah buah yang rasanya manis, seperti apel, pir, semangka, nanas, atau pisang. Jika Si Kecil sudah mulai terbiasa, perkenalkan buah lainnya secara bertahap, dan sesekali selingi dengan camilan dari sayuran.

Selain mengenyangkan, camilan dari buah dan sayur juga menyehatkan. Namun, jangan lupa untuk mencucinya dulu hingga benar-benar bersih sebelum diberikan kepada Si Kecil ya, Bun.

  1. Jadilah contoh

Bila ingin Si Kecil gemar makan buah dan sayur, maka Bunda, Ayah, dan anggota keluarga di rumah juga harus memberikan contoh. Biasakanlah untuk makan buah dan sayur serta tidak memilih-milih makanan, terutama saat makan bersama Si Kecil.

Akan sangat sulit untuk membuat Si Kecil suka makan sayur dan buah bila Bunda sendiri tidak menyukainya.

  1. Kenalkan berulang-ulang

Jika Si Kecil menolak buah dan sayur yang Bunda berikan, jangan kecewa dan putus asa ya, Bun. Hal ini wajar, kok. Jangan langsung menyimpulkan bahwa Si Kecil tidak doyan sayur dan buah. Bunda harus sabar untuk mengenalkan buah dan sayuran kepada Si Kecil secara berulang-ulang.