Beranda Persalinan Bagaimana Menyiasati Gizi Pada Ibu Menyusui Saat Puasa?

Bagaimana Menyiasati Gizi Pada Ibu Menyusui Saat Puasa?

Sebenarnya, bunda yang sedang menyusui diperbolehkan kok untuk tidak ikut berpuasa. Namun, sebagian orang mungkin merasa berat untuk meninggalkan momen beribadah di bulan Ramadhan yang hanya datang setahun sekali ini. Apa bunda termasuk salah satunya? Tak perlu khawatir, pasalnya bunda yang sedang menyusui juga bisa ikut berpuasa selama kebutuhan gizi harian bisa dipenuhi dengan baik. Bagaimana caranya? Simak pembahasanya berikut ini. 

Tips Mengatur Asupan Gizi saat Puasa 

Saat bunda sedang dalam masa menyusui dan ingin ikut berpuasa, hal yang perlu bunda pastikan adalah asupan gizi tetap terpenuhi dengan baik. Menjalani puasa artinya harus menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya fajar, hingga terbenam matahari. Selama waktu tersebut, bunda tidak akan mendapat asupan makanan maupun minuman. Agar asupan gizi tetap cukup, cobalah untuk mencatat apa saja makanan yang akan bunda konsumsi serta berapa jumlah asupan kalori yang dibutuhkan tubuh bunda. 

Kenapa sih perlunya mencatat makanan yang hendak dikonsumsi? Karena saat bunda mencatat, bunda bisa memperkirakan jumlah asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh dan menjadi cadangan nutrisi dan kalori untuk menjalani hari nantinya. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang baik saat sahur, seperti brokoli, bayam, katuk, telur, ikan salmon, daging tanpa lemak, dan kacang merah. Selain itu, lengkapi dengan suplemen vitamin D saat sahur yang dikenal bagus untuk bunda menyusui.

Selain itu, bunda juga jangan lupa untuk memastikan asupan cairan tubuh terpenuhi. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh saat berpuasa. Dehidrasi adalah kondisi yang berbahaya bagi bunda yang tengah menyusui. 

Mencegah dehidrasi juga bisa dilakukan dengan manajemen aktivitas fisik. Sebaiknya, hindari melakukan aktivitas fisik berat sebelum berbuka puasa. Selain itu, usahakan untuk selalu berada di tempat teduh serta beristirahat yang cukup selama menjalani puasa dan menyusui. Dengan begitu, tubuh akan tetap bugar dan siap untuk menyusui. 

Saat berpuasa, kandungan potasium, magnesium, dan zinc yang terkandung di dalam ASI bunda disebut bisa berkurang. Untuk menyiasatinya, bunda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung ketiga nutrisi tersebut saat sahur maupun berbuka puasa. Sangat penting untuk memahami kondisi tubuh saat menyusui dan apa saja yang dibutuhkan.