Beranda Anak Berikut Ini 4 Cara Bunda Tetap Sehat Walau Menjaga Anak Yang Sedang...

Berikut Ini 4 Cara Bunda Tetap Sehat Walau Menjaga Anak Yang Sedang Sakit

Anak-anak sangat suka melakukan eksplorasi, tak jarang anak bunda bisa terpapar pada bakteri, kuman, atau virus. Kondisi ini membuat anak bunda mengalami sakit seperti batuk, demam, flu, pilek atau penyakit menular lainya.

Ketika anak mengalami kondisi diatas bunda memerlukan waktu ekstra untuk menjaga anak yang sakit agar anggota keluarga lainya tidak tertular, terutama bunda yang menjaga Si kecil. Lalu bagaimana cara bunda tetap sehat walau mengurus Si kecil yang sedang sakit? Berikut ini ulasannya.

4 Cara Tetap Sehat Walau Menjaga Si Kecil yang Sedang Sakit

Saat anak-anak sakit, sudah pasti bunda memerlukan waktu ekstra untuk mengurus anak yang sedang sakit dan pekerjaan lainya. Tak jarang bunda pun bisa terserang penyakit yang sama dengan Si kecil karena terlalu kelelahan. Saat bunda sakit semua urusan rumah bisa berantakan, tapi bunda bisa mencegah hal tersebut dengan 4 cara, diantaranya:

  • Rajin Mencuci Tangan

Saat Si kecil menderita flu, bunda dianjurkan untuk rajin mencuci tangan, agar mengurangi resiko tertular. Gosok seluruh area tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik agar bakteri, kuman, dan virus benar-benar hilang.

  • Membersihkan Dapur secara Berkala

Bakteri dan kuman dapat tumbuh dengan cepat di berbagai sumber makanan atau tempat yang kotor di rumah. Walau tak mungkin bunda bisa melenyapkan semua bakteri dan kuman selamanya, tak ada salahnya melakukan pembersihan secara berkala. Terutama membersihkan dapur yang menjadi tempat keluar masuknya makanan.

  • Menjaga Jarak dengan Si Kecil

Siapa sih bunda yang bisa menjaga jarak dengan anak tercinta saat sedang sakit, jawabannya pasti tidak ada bukan. Namun ada baiknya bunda melakukan cara pencegahan ini, bunda bisa menjaga jarak sebanyak tiga langkah. Umumnya virus tidak dapat menyebar lebih dari tiga kaki.

  • Tidak Berbagi Alat Makan dan Makanan

Tidak membagi dan berbagi alat makan atau makanan juga bisa bunda lakukan agar tetap sehat dalam mengurus Si kecil yang sedang sakit. Bukan hanya tentang alat makan atau makanan, bunda juga dianjurkan untuk tidak berbagi barang pribadi seperti halnya handuk. 

Akan tetapi, saat bunda melihat tanda penyakit yang dialami Si kecil sudah dalam fase berbahaya. Ada baiknya bunda memeriksakan Si kecil ke fasilitas kesehatan terdekat, agar mendapatkan penanganan yang tepat.